Arief Suditomo dan Totok Suryanto Perang Paresean

FAZ • Friday, 29 Oct 2021 - 07:40 WIB

Jakarta - Jelang Kongres VI Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) di Lombok Barat sejumlah petinggi media televisi menyempatkan untuk berkunjung ke Desa Adat Sasak - Sade, Kecamatan Pujut , Lombok Tengah, Nusa tenggara Barat pada Kamis 28 Oktober 2021.

Petinggi media yang berkunjung ke Desa Adat Sasak Sade Ketua ATVSI Syafril Nasution, Ketua Umum IJTI Yadi Hendriana,  Direktur Pemberitaan Metrotv Arief Suditomo, Wakil Pimpinan Redaksi tvOne Totok dan perwakilan redaksi lainnya.

Sesampainya di desa adat rombongan diterima para tokoh adat dengan pertunjukan Paresean yaitu tradisi pertarungan adat suku Sasak. Tidak ketinggalan Direktur Pemberitaan Metrotv Arief Suditomo mencoba untuk melakukan pertunjukan Parasean dengan Wakil Pimpinan Redaksi tvOne Totok Suryanto

Direktur Pemberitaan Metrotv Arief Suditomo menjelaskan sangat sulit melakukan perang Parasean karena harus memiliki fisik yang kuat.
Ia berharap tradisi tersebut harus dipertahankan dan dijaga.

Setelah melakukan pertarungan melelahkan rombongan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia berkeliling Desa Adat Sade dan melihat tempat tinggal Suku Sasak, rumah khas suku Sasak, keahlian menenun dan lain-lainnya.

Sementara itu, Erwin Nur Himawan selaku Pimpinan Cabang BRI Praya Lombok mengatakan bahwa selama ini para pengrajin yang ada di Suku Sasak mendapatkan bantuan kredit lunak dari BRI.

" Hampir 85 persen warga suku Sasak mendapatkan bantuan dari BRI, hal ini dilakukan agar usaha menenun dan lainnya bisa berkembang," katanya.