Mensos Risma Inisiasi Gerakan Pemeliharaan Makam Bung Karno

MUS • Sunday, 24 Oct 2021 - 11:05 WIB

Blitar - Keberadaan Kompleks Makam Presiden Soekarno mengusik hati Menteri Sosial Tri Rismaharini. Pasalnya, sejak pertama kali diresmikan ditahun 1979, kompleks makam yang berada di tengah Kota Blitar belum pernah dilakukan perawatan secara menyeluruh. Kondisi ini menggerakkan hati Mensos Risma untuk berziarah sekaligus menginisiasi pemeliharaan Kompleks Makam Proklamator tersebut. 

" Sejak diresmikan ditahun 1979, Makam Bung Karno belum pernah mendapatkan perawatan dan pemeliharaan. Karenanya kita di Kementrian Sosial yang juga mempunyai kaitan dalam kepahlwanan melakukan perawatan bersama pemda setempat " ujar Mensos Risma.

Mensos Risma usai melakukan ziarah, memutari kompleks makam. Meneliti setiap jengkal bangunan untuk memastikan kebutuhan apa untuk mempercantik Makam Bung Karno. 

" Pak ini perlu adanya lampu agar menjadi lebih terang, kemudian lantai juga di gosok agar bisa mengkilap. Di pohon juga dikasih lampu dibeberapa titik " ujar Mensos Risma saat memberi instruksi kepada pengelola makam untuk melakukan upaya pemeliharaan.

Kepada media Mensos juga menyampaikan bahwa kedepan Kemennsos akan membantu daerah dalam hal pemeliharaan taman makam pahlawan. Karena jika hanya dilakukan oleh pemda akan berat. Mensos Risma juga mengakui bahwa penataan makam pahlawan tidak hanya terfokus di Kalibata saja namun daerah juga akan mendapatkan perhatian.

" Kita akan membantu daerah dalam pemeliharaan dan penataan  makam pahlawan. Agar tidak menjadi beban, kita akan membantu sehingga kedepannya makam bagi para pahlawan akan menjadi lebih baik dan terawat " lanjut Mantan Walikota Surabaya tersebut. 

Menteri Sosial Risma juga menyampaikan bahwa selain mengunjungi Makam Soekarno, dirinya juga sempat mengujungi makam Pahlawan Nasional Tjut Nya Dien di Sumedang. Juga Makam Pahlawan Nasional  Bung Hatta di Tanah Kusir Jakarta. Menurut Mensos keberadaan makam para pahlawan yang jauh dari tempat asal menjadi prioritas untuk pemeliharaan. Karena mereka berjasa bagi hadirnya kemerdekaan di Indonesia.

" Sebelum ke sini saya juga mengunjungi makam pahlawan nasional Tjut Nya Dien di Sumedang. Alhamdulilah bersih dan terawat karena Pemda Sumedang sangat perhatian " pungkas Risma.

Sementara itu Walikota Blitar Drs H. Santoso M.Pd sangat mengapresiasi kehadiran Mensos Risma ke Kompleks Makam Bung Karno. Hal ini menandakan jiwa besar mensos yang sangat menghargai jasa Ir. Soekarno sebagai Pahlawan Nasional.

" Bangga, salut dan istimewa saya tujukan kepada Ibu Mensos. Kehadirannya dan kepeduliannya terhadap Makam Bung Karno menandakan beliau berjiwa besar menghargai jasa bapak bangsa sekaligus proklamator. Terim kasih kami sampaikan kepada Mensos " tukas Santoso. (Her)