Kolaborasi LinkAja PeduliLindungi, Dukung Pemerintah Turunkan Angka Penyebaran COVID-19

ITK • Tuesday, 12 Oct 2021 - 20:16 WIB

Jakarta - LinkAja, sebagai uang elektronik nasional sinergi BUMN, akan segera terintegrasi dengan fitur QR Code dari aplikasi PeduliLindungi. Integrasi ini menjadi bagian dari dukungan LinkAja kepada Pemerintah Indonesia untuk memperluas cakupan penggunaan PeduliLindungi.

Haryati Lawidjaja selaku Direktur Utama LinkAja mengatakan “Melalui integrasi fitur PeduliLindungi di aplikasi LinkAja, kami harapkan dapat semakin mempermudah lebih dari 75 juta pengguna terdaftar LinkAja dalam melakukan check in di tempat publik seperti mall, perkantoran serta sarana transportasi umum. Kami percaya bahwa berbagai pihak perlu bekerja bersama-sama dan berintegrasi dalam memberikan pelayanan publik yang terbaik.”

LinkAja bersama dengan Pemerintah memastikan keamanan data pribadi pengguna layanan. Dalam integrasi ini, LinkAja memastikan tidak adanya pertukaran data pribadi pengguna layanan LinkAja dan PeduliLindungi. Informasi terkait transaksi dari pengguna layanan LinkAja yang mengakses PeduliLindungi dari aplikasi LinkAja tidak akan diinformasikan ke PeduliLindungi. Begitu pula sebaliknya, data pribadi masyakat yang digunakan untuk pelacakan kontak (contact tracing) oleh PeduliLindungi tetap tersimpan di sistem PeduliLindungi dan tidak diinformasikan kepada LinkAja.

“LinkAja berupaya untuk senantiasa memberikan kenyamanan dan kemudahan layanan kepada pengguna dengan tetap mengutamakan keamanan serta menjaga kerahasiaan data pribadi pengguna kami,” Ungkap Haryati.

Sebagai aplikasi yang bergerak di bidang penyelenggaraan sistem pembayaran melalui uang elektronik, LinkAja telah hadir untuk memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam melakukan beragam transaksi termasuk transaksi esensial sehari-hari. Mulai dari berbagai fitur transaksi digital untuk berbagai pembayaran dan pembelian, hingga solusi bisnis untuk mendukung para pelaku UMKM di Indonesia. Fitur PeduliLindungi di aplikasi LinkAja dapat digunakan oleh seluruh pengguna LinkAja dalam waktu dekat. Fitur ini diharapkan akan terus memperkaya pengalaman pengguna LinkAja.

LinkAja juga dapat digunakan untuk keperluan transaksi esensial masyarakat Indonesia, terbukti dengan hadir di lebih dari satu juta merchant di seluruh Indonesia, lebih dari 790 pasar tradisional, lebih dari 50.000 partner donasi digital, berbagai e-commerce, pembayaran dan pembelian kebutuhan sehari hari seperti pulsa telekomunikasi, token listrik, tagihan rumahtangga, iuran BPJS, hingga berbagai layanan keuangan lainnya seperti transfer kesemua rekening bank dan tarik tunai tanpa kartu. Selain itu, LinkAja juga dapat digunakan di lebih dari satu juta titik transaksi untuk pengisian dan penarikan saldo, yang meliputi ATM, transfer perbankan, jaringan ritel, hingga layanan keuangan digital. (*)