Dubes Heri Akhmadi Resmikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ketiga di Jepang

MUS • Monday, 11 Oct 2021 - 16:52 WIB
Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi meresmikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Nagoya. Foto KBRI Tokyo

Tokyo - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi meresmikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Nagoya yang bertempat di ASEAN Nagoya Center, Jepang.

Peresmian disaksikan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo Yusli Wardiatno serta dihadiri oleh Ketua Komunitas Muslim Indonesia (KMI) Didik Kurniawan, Ketua Toyota Indonesia Group (TIG) Moelyono dan diaspora pengusaha Indonesia di Nagoya Mardiansyah.

PKBM ini adalah yang ketiga di Jepang diresmikan oleh Dubes Heri. PKBM pertama adalah PKBM Darussalam di Nishio, Aichi dan yang kedua PKBM At Taqwa di Koga, Ibaraki. 

BACA JUGA: KBRI Tokyo Tanda Tangani Komitmen Hibah 11 Unit Pemadam Kebakaran & 4 Ambulan

Saat peresmian, Dubes Heri menegaskan bahwa KBRI Tokyo terus berupaya agar layanan pendidikan bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di Jepang dapat terpenuhi.

"PKBM ini selain mencakup pendidikan dasar dan menengah, nantinya dapat menjadi pusat tutorial bagi pendidikan jarak jauh yang dilakukan oleh mitra KBRI seperti Universitas Terbuka atau Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dengan target para pemagang di Jepang yang berjumlah sekitar 37 ribu orang," papar Dubes Heri.

“Ke depannya PKBM dapat menjadi pusat pendidikan agama dan kebangsaan. Sehingga anak-anak Indonesia yang tinggal di Jepang memiliki pengetahuan dasar negara Pancasila serta memahami Bahasa Indonesia dan lagu kebangsaan Indonesia Raya," tambahnya.

Peresmian PKBM Nagoya oleh Dubes Heri ditandai dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Kepala PKBM Nagoya Diyah R Tohari yang juga merupakan mahasiswa program doktor di Waseda University. 

Dalam kesempatan terpisah, Dubes Heri bertemu secara daring dengan Konsul Kehormatan Nagoya untuk Indonesia Hidoe Sugimoto.

Selain membahas penguatan hubungan kerja sama ekonomi Indonesia - Jepang di wilayah Aichi, Dubes Heri juga mendiskusikan upaya perlindungan WNI serta pemberian vaksinasi Covid 19 di Aichi bagi seluruh WNI yang tinggal di wilayah tersebut.