Sebasa Polri - STBA LIA Kerja Sama Tingkatkan Kualitas Akademik

MUS • Monday, 4 Oct 2021 - 16:40 WIB

Jakarta - Sekolah Bahasa Lemdiklat Polri (Sebasa Polri) dan Sekolah Tinggi Bahasa Asing LIA (STBA LIA) menyepakati nota kesepahaman dalam rangka peningkatan kualitas akademik kedua belah pihak. Momen ini berlangsung di kampus STBA LIA Jakarta di Jl.Pengadegan Timur Raya No.3 Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (4/10/2021).

Penandatanganan MoU dilakukan Kepala Sebasa Polri, Kombes Dhani Hermando dan Ketua STBA LIA Jakarta, Prof. Siti Yulidhar Harunasari.

Kerjasama antara Sebasa Polri dan STBA LIA Jakarta yang dikenal dengan keunggulan bahasa Inggris dan bahasa Jepangnya dilakukan dalam berbagai bentuk peningkatan kualitas akademik. Salah satunya yang terdekat adalah pertukaran pengajar.

"Anggota Polri juga perlu memahami budaya dari bahasa yang dipelajarinya untuk mendukung tugas operasional internasional, dan sebagai persiapan bagi anggota yang akan studi lanjut di luar negeri," ujar Dhani Hermando.

Untuk itu, lanjutnya, Sebasa akan belajar dari STBA LIA yang memiliki peminatan kebudayaan. Dhani yang juga dikenal sebagai pengembang aplikasi kamus istilah polisi “polisijagobahasa” mengakui, pengalaman dan keunggulan sebagai tempat belajar bahasa asinglah yang membuatnya menggandeng STBA LIA Jakarta sebagai salah satu mitra akademik Sebasa. 

"Keberhasilan STBA LIA mengirimkan mahasiswanya magang dan bekerja di luar negeri dan dipercayanya STBA LIA sebagai salah satu tujuan belajar bahasa Indonesia bagi mahasiswa mancanegara, merupakan bukti nyata yang tidak bisa dibantah," pungkas komandan Bumi Poliglot Bhayangkara ini. 

Di sisi lain, Siti Yulidhar, pakar pendidikan bahasa yang selama ini turut mendampingi tim pengembang kurikulum Sebasa dan pengembangan tes bahasa bagi anggota Polri optimis kerja sama dengan STBA LIA mampu mengakselerasi peningkatan kemampuan berbahasa asing anggota Polri di seluruh Indonesia.  

"Melalui web-learning Sebasa, anggota Polri di seluruh Indonesia dapat mengakses pelatihan bahasa asing maupun pelatihan bahasa Indonesia bagai perwira mancanegara secara digital dari tempat mereka masing-masing tanpa harus mendatangi Pusdiklat Polri," ujarnya. 

Siti juga mengingatkan pentingnya kolaborasi bagi institusi pendidikan tinggi untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkualifikasi internasional dan sanggup berkompetisi secara global. 

"Adanya Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka telah menjadikan kerjasama antar perguruan tinggi dan Dunia Usaha Dunia Industri, baik nasional maupun Internasional sebagai sebuah kebutuhan," tukasnya. 

Didukung oleh pengalaman yayasan LIA selama 62 tahun dalam pendidikan bahasa asing, STBA percaya kerjasama dengan Sebasa akan sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak.