Kerjasama dengan HIPMI, Unkris Fokus Cetak Mahasiswa Enterpreneur

ANP • Saturday, 2 Oct 2021 - 15:33 WIB

JAKARTA - Dalam rangka pengembangan kreativitas dan kebangsaan mahasiswa, Universitas Krisnadwipayana (Unkris) terus mendorong mahasiswa kreatif dalam berbagai hal, termasuk diantaranya menjadi enterpreneurship. Untuk itu, kerjasama Unkris dengan HIPMI PT Kota Bekasi pada 30 September lalu di Gedung A Kampus Unkris, telah dilantik para generasi muda yang akan aktif berada di UKM Inkubator Bisnis HIPMI PT Unkris.

Hadir dalam kegiatan tersebut, dari Unkris Rektor Dr. Ir Ayub Muktiono M.Sip CiQaR, Warek 1 Dr. Ismail Razak, SE, M.Si, Warek 2 Dr. H. Suwanda, Warek 3 Dr. Parbuntian Sinaga, Ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan Dr. Susetya Herawati ST , M.Si, anggota pembimbing Hipmi PT UNKRIS Frederick Tiagita Putra Baeha Waruwu SE, MM, dan Raden Agus Kusuma Wijaya, SE, MM, Haninda Ambarani SS selaku pembawa acara,  serta sekretaris BEM Universitas dan BEM Fakultas.

Sedangkan dari BPC Hipmi Kota Bekasi hadir penanggungjawab Ketua Umum Badan Pengurus Cabang HIPMI Kota Bekasi Wishnu Wijaya S. Psi beserta jajarannya , dan Ketua Umum HIPMI PT Kota Bekasi Rigel Pawallo ST bersama jajarannya.

Rektor Unkris, Ayub Muktiono menyambut baik dan merasa bangga dengan adanya UKM Inkubator Bisnis HIPMI PT UNKRIS. Menurutnya, hal tersebut dapat menjadi jalan yang baik, mengingat alumni Unkris yaitu Abdul Latief adalah penggagas dan juga pendiri HIPMI.

"Komandan dari HIPMI PT UNKRIS nanti ada pada LPKK yang dipimpin ibu Dr. Herawati dan di HIPMI PT UNKRIS sekaligus akan menjadi Ketua Pembimbing. Kami berharap HIPMI PT UNKRIS kedepan dapat menjadi wadah kawah candradimukanya para mahasiswa dalam membentuk dirinya memiliki karakter yang “Tangguh, Tanggon dan Trengginas” yang  mencintai negara bangsanya dengan memberikan warna pembangunan yang membangun dalam menghadapi bonus demografi, dan menyongsong  Indonesia Emas 2045. Untuk itu jangan mudah putus asa, selalu bersyukur, berihtiar, suka melakukan instropeksi diri dan mengamalkan sial sila dalam Pancasila dari setiap Langkah yang diambil," tegas Ayub .

Hal senada disampaikan Ketua Umum Badan Pengurus Cabang HIPMI Kota Bekasi Wishnu Wijaya, bahwa HIPMI yang kini berusia 49 tahun berdiri, merupakan salah satu cara menjawab keresahan para pengusaha pada waktu itu, bahwa pengusaha dianggap sebagai masyarakat dalam tataran bawah dan tidak menjadi idaman bagi calon mertua. 

"Dan itu menjadi tugas HIPMI untuk mensosialisasikan pada masyarakat bahwa menjadi pengusaha itu tidak ada salahnya dan bahkan menjadi pengusaha itu dapat mendorong perekonomian negara. Indonesia masih jauh tertinggal dari negara negara lain bahka negara diAsia. Dan adanya HIPMI PT Unkris ini memberikan kesempatan dan dorongan bahwa sejak mahasiswa mereka sudah dikenalkan untuk berwirausaha. Peluang yang ada ini silahkan diambil dan link yang akan terbangun juga dimanfaatkan sebaik mungkin bukan saja arahnya pada permodalan tetapi hal hal yang akan mampu dibangun bersama sama," katanya.

Sementara Ketua HIPMI PT Kota Bekasi, Rigel Pawalo, menyampaikan, agar mahasiwa tidak takut dengan kata-kata pengusaha, memberikan ide dan gagasan agar dapat dikembangkan.

"Maka akan jadi dan Inkusnis adalah wadahnya, yang terpenting mari berkolaborasi dan bersinergi, prestasi yang akan diraih tentu tidak saja untuk diri sendiri tetapi akan membawa nama Unkris lebih baik lagi," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan rigel ini adalah kepengurusan Inkubis HIPMI PT tahun 2021-2022 semoga kepengurusan ini mampu menyebarkan virus virus entrepreneur bagi adik adik klasnya.

Terpilih sebagai Ketua Umum adalah Dicky Pratama mahasiswa Teknik Informatika. Menurut Dicky, dalam kepemimpiannya satu tahun kedepan akan melakukan sinergi bersama sama jajarannya yang merupakan mahasiswa dari lintas fakultas dan prodi yang ada di UNKRIS.  Sinergi yang akan dilakukan melalui Inkubis HIPMI PT Unkris.  

"Ini hal yang pertama adalah merekrut anggota untuk bersama sama membangun insan perguruan tinggi yang kreatif, aktif dan inovatif dalam menjawab program program yang sedang sangat digencarkan oleh pemerintah dalam menumbuhkan mindset kewirausahaan. salah satu strategi yang aakan dilakukan adalah melakukan sosialisasi dan pelatihan pelatihan guna lebih mengenalkan Inkubis HIPMI PT Unkris, dan menajamkan skill dari talenta rekan rekan mahasiswa yang memiliki minat pada dunia wirausaha, mohon doa semoga semaunya lancer," tutup Dicky .

Dalam wawancara terpisah, Warek 3 Parbuntian Sinaga, yang juga pembina seluruh UKM yang ada di Universitas Krisnadwipayana menyatakan, dengan adanya UKM Inkubis HIPMI PT UNKRIS yang berkolaborasi dengan HIPMI PT Kota Bekasi, akan menjadi daya magnet buat para mahasiswa untuk dapat melakukan kegiatan kegiatan dilingkungan Kota Bekasi dalam rangka mendorong adanya ketahanan ekonomi, dan mahasiswa sudah belajar sejak dini. (ANP)