Komunikasi Non-Verbal Menjadi Hal Yang Terpenting Dalam Berkendara

FAZ • Thursday, 23 Sep 2021 - 14:26 WIB

Jakarta - Banyaknya tingkat kecelakaan berkendara di Indonesia menjadi perhatian khusus bagi pemerintah, pengamat dan khalayak lainnya. Banyak faktor-faktor yang dianggap menjadi penyebab banyaknya kecelakaan berkendara.

Menurut Director of Training and Campaign IRSP, Ir. Eko Reksodipuro, komunikasi non verbal merupakan hal yang paling penting dalam berkendara.

“Rambu, marka, warna, bentuk,  posisi. Kita perlu memberi tahu pengguna jalan lainnya bahwa kita akan ke mana dan pastikan kita akan dilihat oleh pengendara lainnya. Itu adalah hal yang terpenting,” ujar Eko dalam International Webinar “Road Safety With Sustainable Transportation System” Rabu, (22/09/2021).

Menurut Eko, permasalahan lainnya dalam bertransportasi adalah banyaknya problem bagi masyarakat yang membeli kendaraan sebagai status bukan menjadikan kendaraan tersebut sebagai alat transportasi.

“Jadi dipakai di dalam kota, belinya SUV padahal bisa city car kemudian mampunya beli city car, dipakainya antar kota. Ini menjadi suatu permasalahan," ujar Eko

Selanjutnya, Eko mengungkapkan pentingnya melakukan perawatan bagi kendaraan, melakukan pengecekan, service rutin, serta helm full face untuk pengendara motor. Selain itu, Ia juga menghimbau bagi pengendara kendaraan roda 4 harus menggunakan safety belt untuk seluruh penumpang di dalamnya.

“Kalau di jalan kita juga harus menghargai pengendaraan lain. Melihat dan bisa dilihat oleh pengendara lainnya karena yang terpenting adalah keselamatan bersama,” tambah Eko.

Menurutnya yang terpenting adalah menghindari resiko penyebab kecelakaan bukan menghindari kecelakaan tersebut. (EVIN)