Mentan Kunjungi Areal Penangkaran Benih Padi PT Pertani di Mempawah

MUS • Tuesday, 14 Sep 2021 - 07:30 WIB

Mempawah - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghadiri acara Temu Lapang dan panen padi Varietas Unggul Baru (VUB) Balitbangtan Kementan verietas Inpari 32, Inpari 36 dan Inpari 37 pada Kelompok Usaha Bersama yang merupakan Binaan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, di Desa Kecurit, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), Minggu (12/9). 

Kelompok Usaha Bersama (Sarmen) merupakan salah satu penangkaran yang berkerjasama dengan PT Pertani (Persero) Cabang Kalimatan Barat untuk berkontribusi menjadi offtaker serta membantu memenuhi kebutuhan benih padi di Provinsi Kalimantan Barat. 

Kunjungan Temu Lapang dan panen padi Varietas Unggul Baru (VUB) Balitbangtan Kementan tersebut juga dihadiri oleh Perwakilan Anggota Komisi IV DPR RI dari Dapil Kalbar II Yessy Melania dan Dapil Kalbar I Maria Lestari, serta Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan bersama OPD terkait dan Bupati Mempawah, Erlina. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kabupaten Mempawah mempunyai posisi yang strategis karena selain tanahnya yang subur juga terdapat dukungan air yang melimpah dan dari segi aspek pasar Kab.Mempawah memiliki potensi ekspor yang terbuka lebar.

“Saya yakin lahan di sini bisa menjadi sumber ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Karena tanaman pangannya menjanjikan, perkebunannya juga menjanjikan, dan tentu saja ekspor juga sangat menjanjikan” urainya.

Sementara itu Direkur Utama PT Pertani (Persero) Maryono, mengatakan pihaknya akan memaksimalkan peran PT Pertani dalam mengangkat potensi pertanian khususnya di Kalimantan Barat.

“Kami akan turut men-support pemenuhan benih padi khususnya dikawasan kalbar serta daerah perbatasan. Tentunya ini dilakukan untuk kesejahteraan petani melalui kolaborasi yang strategis bersama jajaran Kementerian Pertanian dan Pemerintah Daerah,” katanya.

Pada kesempatan itu juga Mentan beserta jajaran langsung menyerahkan bantuan benih padi unggul, serta sejumlah alsintan dan menyerahkan KUR dari BRI dan BNI untuk petani di daerah tersebut.