PTM Dimulai, Dukungan Orang Tua Sangat Diperlukan

MUS • Tuesday, 31 Aug 2021 - 15:33 WIB

Jakarta - Psikolog Dian Nirmala mengatakan semua pihak yang terlibat dalam pembelajaran tatap muka (PTM) seperti guru, orang tua, dan murid harus memiliki kesiapan mental dan psikologis. Orang tua juga diharapkan bisa memberi pengajaran kepada anak dari rumah, dan memberikan batasan-batasan kepada anak.

Dian menambahkan, hampir dua tahun semenjak anak belajar di rumah, banyak aspek tumbuh kembang anak, yang harus menjadi perhatian orang tua, terutama dalam hal adaptasi dalam berinteraksi. 

PTM dibutuhkan oleh anak karena banyak anak yang mengalami kejenuhan. "Bukan hanya menghilangkan kejenuhan, anak juga mendapatkan interaksi belajar secara langsung yang merupakan hal yang penting sebagai pondasi anak untuk belajar," kata Dian kepada Radio Trijaya, Selasa (31/8/2021).

Menurutnya, kekhawatiran dari anak terhadap PTM tentu dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya bagaimana keluarga anak tersebut memandang virus. 

"Kalau dari sudut pandang anak, kita kan tumbuh bagaimana kita melihat lingkungan, kalau anak ini besar di lingkungan yang keluarganya merasa Covid-19 ini bahayanya tinggim tentu akan menimbulkan kekhawatiran dari anak atau keluarga dalam menghadapi pembelajaran tatap muka tersebut," katanya. (EVIN)