Aksi Donor Darah Duta BPJS Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

ANP • Monday, 30 Aug 2021 - 14:39 WIB

JAKARTA  Aksi donor darah duta BPJS Kesehatan sebagai bentuk kepeduliannya terhadap penderita Covid-19, BPJS Kesehatan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan transfusi darah dengan duta BPJS Kesehatan di Kedeputian Wilayah Jabodetabek dan Jakarta Selatan. Kegiatan BPJS Kesehatan Peduli ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT ke-53 BPJS Kesehatan.

Asisten Deputi Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jabodetabek, Wahyu Kris Budianto menjelaskan, kegiatan donor darah ini merupakan bentuk kepedulian duta BPJS Kesehatan untuk berkontribusi dalam mendukung program Pemerintah pada masa Pandemi Covid-19 dengan cara membantu menyediakan stok darah di PMI khususnya di Provinsi DKI Jakarta.

"BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jabodetabek dan Kantor Cabang Jakarta Selatan bersama PMI Provinsi DKI Jakarta mengadakan aksi kemanusiaan berupa donor darah sebagai perwujudan salah satu nilai yang ada dalam organisasi yakni “Dengan Gotong Royong Semua Tertolong”. Karena setetes darah akan menjadi sangat penting bagi keselamatan nyawa orang lain," ungkap Wahyu pada kegiatan yang berlangsung Senin (30/08/2021).

Ia menyebutkan calon peserta donor darah berjumlah sekitar 38 orang meliputi 28 pegawai dan 10 pekerja (Outsourcing) di lingkungan BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jabodetabek dan Kantor Cabang Jakarta Selatan, jumlah tersebut didapatkan menyesuaikan dengan jumlah pegawai dan pekerja (Outsourcing) yang memiliki jadwal Work From Office (WFO).

"Kegiatan donor darah saat ini adalah waktu yang tepat sebagai bentuk partisipasi kami yang bertajuk BPJS Kesehatan Peduli dengan mengedepankan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat di masa Pandemi Covid-19, pada kondisi sekarang banyak dibutuhkan stok darah maka kami Duta BPJS Kesehatan sebagai warga Negara yang baik menjunjung tinggi nilai gotong-royong membantu sesama melalui donor darah ini," terangnya.

Siti Cholidah, Kepala Bidang Pelayanan Donor PMI Kota Jakarta Utara menjelaskan dalam pelaksanaan donor darah di BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jabodetabek dan Kantor Cabang Jakarta Selatan, petugas PMI mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap seperti baju Hazmat, masker, dan jaga jarak serta tes suhu badan sebagai prosedur kegiatan donor darah agar kegiatan berlangsung dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

"Adanya kegiatan donor darah di kantor BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jabodetabek dan Jakarta Selatan ini sangat membantu kami untuk memperoleh pendonor darah, karena partisipasi pendonor darah semakin berkurang sehingga stok darah menjadi menipis utamanya pada masa Pandemi Covid-19. Biasanya, PMI Provinsi DKI Jakarta mampu mendistribusikan kebutuhan kantong darah yang memadai dalam satu bulan, namun dengan kondisi saat ini jumlahnya jauh berkurang.” ujar Ibu Ida sapaan akrabnya.

Oleh sebab itu, pihaknya begitu mengapresiasi dan berterima kasih BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jabodetabek dan Jakarta Selatan yang atas inisiatif untuk ikut berpartisipasi membantu masyarakat luas dengan menyelenggarakan kegiatan donor darah, sehingga hasil dari kegiatan tersebut PMI dapat mengumpulkan stok darah mulai dari golongan darah A,B dan golongan darah O.

"Pendonor darah kini semakin berkurang sekitar 50 persen dan stok darah menipis yaitu golongan darah B, namun kegiatan donor darah di BPJS Kesehatan ini dapat membantu memasok ketersediaan stok darah di wilayah Provisi DKI Jakarta, kami berharap kedepannya kerjasama seperti ini dapat rutin kita laksanakan, kami dari PMI akan menyambut dengan tangan terbuka lebar terhadap niat baik dari pihak BPJS Kesehatan," tandasnya. (ANP)