Anugerah ASN 2021 Resmi Digelar, Kini dengan Empat Kategori

AKM • Friday, 20 Aug 2021 - 09:56 WIB

Jakarta  – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat pemerintah untuk terus memberikan pengakuan dan penghargaan (recognition and reward) bagi aparatur sipil negara (ASN) yang telah berkontribusi nyata dan luar biasa bagi organisasi maupun masyarakat luas. Untuk itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali menggelar Anugerah ASN di tahun 2021. Pelaksanaannya ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PANRB No. 344/2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Anugerah ASN Tahun 2021. 

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Anugerah ASN kali ini hadir dengan empat kategori. Empat kategori tersebut yakni Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya Teladan, PPT Pratama Teladan, ASN Inspiratif, dan The Future Leader. 

“Silakan diusulkan ASN yang dinilai pantas karena kinerjanya baik, perilakunya baik, dan inovasinya yang luar biasa. Melalui ajang ini kita semakin mengapresiasi ASN kita, sehingga ASN kita semakin bangga melayani bangsa,” ujar Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni saat meluncurkan Anugerah ASN 2021, secara virtual, Kamis (19/08). 

Anugerah ASN 2021 mengusung tema “ASN BerAKHLAK”. Semangat yang ingin ditekankan adalah agar penerima penghargaan Anugerah ASN nantinya dapat menjadi inspirasi dan _role model_ dalam mengejawantahkan Core Values ‘BerAKHLAK’ dan Employer Branding ASN ‘Bangga Melayani Bangsa’ dalam pengabdiannya dimanapun ia ditugaskan. Melalui penyelenggaraan Anugerah ASN 2021, ASN juga didorong untuk peka terhadap situasi pandemi Covid-19 dan turut berkontribusi nyata dalam bentuk inovasi dan dedikasi. 

Untuk mengikuti ajang Anugerah ASN 2021, sejumlah persyaratan dan kriteria harus dipenuhi setiap calon kandidat. Antara lain, ASN yang akan diusulkan memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik; memiliki penilaian kinerja minimal kategori “Baik” selama dua tahun terakhir secara berturut-turut; serta memiliki inovasi/prestasi yang luar biasa yang dirasakan oleh organisasi dan/atau masyarakat. Anugerah ASN tahun ini bisa diikuti oleh Top 3 Anugerah ASN tahun-tahun sebelumnya. Namun tidak diperbolehkan mendaftar di kategori yang sama di tahun 2021.

Sementara syarat khusus untuk masing-masing kategori yaitu menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi  (JPT) Madya bagi kategori PPT Madya Teladan; menduduki JPT Pratama  bagi kategori PPT Pratama Teladan; menduduki Jabatan Administrasi atau Jabatan Fungsional bagi Kategori ASN Inspiratif; menduduki Jabatan Administrasi atau Jabatan Fungsional dan berusia paling tinggi 38 tahun pada 31 Desember 2021 bagi Kategori The Future Leader.

Peserta yang mengikuti ajang ini akan melewati berbagai tahapan seleksi demi terjaringnya kandidat terbaik dari masing-masing kategori. Tahapan seleksi tersebut meliputi seleksi administrasi, penilaian portofolio, penilaian rekam jejak dan integritas, publikasi kandidat di _website_ menpan.go.id atau media lainnya, verifikasi lapangan (menyesuaikan status pandemi Covid-19), serta presentasi dan wawancara. 

Pendaftaran Anugerah ASN 2021 dibuka mulai 19 Agustus hingga 19 September 2021. Pengusulan dan pendaftaran dilakukan melalui situs https://siana.menpan.go.id/. Peserta seluruh kategori dalam Anugerah ASN 2021 dapat diusulkan oleh masyarakat, lembaga pemerintah, lembaga non pemerintah, organisasi profesi atau organisasi lainnya. 

Penganugerahan bagi pemenang Anugerah ASN 2021 rencananya akan diserahkan oleh Menteri PANRB pada 10 November 2021. Bagi para pemenang Anugerah ASN 2021 akan mendapatkan sertifikat, dipertimbangkan untuk mendapat kenaikan pangkat luar biasa serta penghargaan lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait persyaratan, tata cara pengusulan dan pendaftaran, kriteria penilaian, serta pedoman pelaksanaan lainnya dapat diakses pada tautan :  https://jdih.menpan.go.id/puu-1276-Keputusan%20Menpan.html 
*_(del/HUMAS MENPANRB)_*

*Rangkaian Kegiatan Anugerah ASN 2021 :*
Pendaftaran :  19 Agustus – 19 September 2021            
Seleksi Tahap I : 20 September – 30 September 2021
Seleksi Tahap II : 1 Oktober – 8 Oktober 2021
Verifikasi Lapangan : 9 – 27 Oktober 2021
Presentasi dan Wawancara : 28 Oktober – 31 Oktober 2021
Malam Anugerah ASN : 10 November 2021