Dies Natalis ke-3 Fakultas Vokasi UKI Gelar Vaksinasi Bagi Masyarakat Umum dan Anak

ANP • Saturday, 14 Aug 2021 - 23:45 WIB

JAKARTA - Fakultas Vokasi Universitas Kristen Indonesia (UKI) berkomitmen melaksanakan pelayanan vaksinasi dosis pertama bagi seluruh masyarakat umum dewasa dan anak usia 12 -17 tahun. Vaksinasi diselenggarakan pada tanggal 12 – 14 Agustus 2021 di Auditorium Graha William Soeryadjaya, Kampus UKI Cawang. Selanjutnya vaksinasi dosis kedua dilaksanakan tanggal 9 – 11 September 2021.

“Menjadi Sentra Vaksinasi ini merupakan upaya Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Vokasi UKI mendukung vaksinasi massal yang digencarkan pemerintah untuk mempercepat target herd immunity. Penyelenggaraan kegiatan ini dalam rangka Dies Natalis ke-3 Fakultas Vokasi UKI dan menjadi bagian dari program pemerintah untuk penanggulangan pandemi Covid 19. Tidak hanya menginisiasi atas hadirnya sentra vaksinasi, Fakultas Vokasi UKI  memfasilitasi masyarakat yang sampai saat ini belum mendapatkan vaksin,” ujar Dekan Fakultas Vokasi UKI, Maksimus Bisa Lado Purab, S.St.Ft., S.K.M., M.Fis

Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA, menjelaskan, “Kita kembali menyelenggarakan vaksinasi bagi masyarakat karena untuk memiliki manusia unggul Indonesia, kita semua harus sehat. Semua masyarakat dapat divaksinasi, kita bergandengan tangan, berkolaborasi, dan bekerja sama dengan Kecamatan Kramat Jati dalam penyelenggaraan vaksinasi kali ini. Dengan divaksinasi dan sehat, seluruh elemen masyarakat kembali menjadi produktif membangun bangsa ini.”

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur, Dokter Inda Mutiara, M.M., turut hadir dalam Vaksinasi kali ini.  “Vaksin Sinovac, sudah sesuai rekomendasi dan bisa diberikan pada usia 12 -17 tahun. Pemerintah menganjurkan untuk berkerjasama dan kolaborasi dengan semua pihak, swasta dan elemen masyarakat, untuk mewujudkan vaksinasi berjalan sukses. Kerja sama antara Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur dengan UKI adalah suatu hal yang positif,” ujar Dokter Inda Mutiara.

Koordinator Dokter Gugus Tugas Covid-19 UKI, Dr. Yunita R.M. Berliana Sitompul, M.K.K, Sp.Ok

Vaksin menuturkan, “Vaksinasi  adalah bagian penting dari upaya penanganan pandemi Covid-19 yang menyeluruh dan terpadu meliputi aspek pencegahan dengan penerapan protokol kesehatan. Tak lupa sebelum divaksin kami memberikan edukasi terlebih dahulu kepada peserta khususnya anak usia 12 – 17 tahun.”

Setelah mendapat vaksin di Kampus UKI, Felisha Agatha (15), lebih merasa ceria dan lega. “Tadinya saya sempat gugup, namun saya diantar ibu, pelayanan vaksinasi disini sangat baik dan ramah,”ujar siswa SMAK Penabur Summarecon Bekasi ini.

Salah satu siswa SMKN 15 Jakarta, Dipta, ucapkan syukur dan terimakasih kepada Kampus UKI yang telah memberikan suntikan vaksin dirinya. “ Saya berharap dapat terus sehat dan terhindar dari Virus Covid-19. Syarat surat vaksin membuat saya bertekad untuk menerima vaksin di Kampus UKI,” ujarnya.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-3 Fakultas Vokasi UKI, Drs. Jisman M. Lubis, M.M., CFP, CRGP, ANZIIF ucapkan terimakasih kepada Kementerian Kesehatan, Puskesmas Kramat Jati dan Rektor UKI dan kepada Dekan Fakultas Vokasi yang menginisiasi kegiatan ini. “Tentunya juga kepada para dokter yang sudah membantu dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mencapai target 181,5 juta masyarakat Indonesia mendapatkan vaksin. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat sehat dan pertumbuhan ekonomi semakin baik kedepannya,” ujar Drs. Jisman M. Lubis.  Pemberian vaksinasi yang diselenggarakan UKI ini merupakan kali keempat. Ditargetkan dalam satu hari, sekitar 500 dosis vaksin Sinovac diterima masyarakat per harinya. (ANP)