Program Radio Trijaya - Indonesia UKM Forum Diluncurkan, Kemenkop UKM Harapkan Ada Dampak Nyata

FAZ • Friday, 13 Aug 2021 - 11:30 WIB

Jakarta - Program radio satu-satunya, yang rutin menampilkan pengusaha UKM, "Indonesia UKM Forum" resmi diluncurkan, tepat pada hari UMKM Nasional, Kamis (12/8/2021). Mewakili Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Staf Khusus Fiki C. Satari secara virtual membuka sekaligus menyampaikan keynote speech. Stafsus Fiki Satari berharap, "Indonesia UKM Forum" dapat memberikan dampak nyata bagi perkembangan UMKM Indonesia.

Dalam diskusi bertema Memperkuat UKM dengan Akses Modal dan Teknologi Informasi, Fiki menyatakan komitmen pemerintah lintas lembaga mendukung UKM dalam pemulihan ekonomi nasional. "Sejak awal Pandemi Covid-19, pemerintah fokus membantu UKM, dari sisi pembiayaan, relaksasi, sampai stimulus, menekan biaya-biaya usaha termasuk subsidi listrik," katanya.

Terkait akses modal, rasio kredit UMKM ditargetkan menjadi 30 persen terhadap total kredit pada tahun 2024. Sementara pada tahun 2018, porsi kredit UMKM baru mencapai 20 persen.

Sementara tentang digitalisasi UMKM, ada 4 kondisi yang dihadapi. "Literasi digital yang masih rendah, kapasitas produksi kecil, kualitas produk belum konsisten, dan akses pasar," ungkap Fiki.

Kementerian Koperasi dan UKM mendorong pendekatan UMKM 'go digital', melalui peningkatan kapasitas usaha, dan perluasan pasar digital. Targetnya, 30 juta UMKM sudah digital pada tahun 2024. Saat ini, 14,5 juta UMKM 'onboarding digital', atau naik dibanding 8 juta sebelum Pandemi Covid-19.

Selain itu, pemerintah membagi fokus platform per trade area, yaitu: usaha mikro diarahkan untuk optimalisasi e-catalogue, dan berjualan di media sosial; usaha kecil difokuskan pada optimalisasi e-commerce lokal dan homogen; sedangkan usaha menengah baru dioptimalkan untuk e-commerce global serta ekspor.

"Jadi usaha mikro jangan dulu terjun ke marketplace nasional, karena memang kapasitasnya belum mampu untuk konsisten, secara kualitas juga demikian. Belajar di media sosial dulu," saran Fiki.

Launching & Discussion "Indonesia UKM Forum" Trijaya Networks dihadiri ratusan peserta dari berbagai komunitas pelaku UKM. Kemudian, program radio "Indonesia UKM Forum" disiarkan di 104,6 Trijaya FM Jakarta dan jaringan Trijaya, setiap hari Rabu pukul 16.00 secara situasional. Informasi lebih lanjut, Pendengar Trijaya dapat follow dan cek media sosial MNC Trijaya.