Untar Gelar Konferensi Internasional Libatkan  Peneliti dan Mahasiswa 20 Negara

AKM • Friday, 13 Aug 2021 - 10:04 WIB

Jakarta:-Peningkatan kualitas bagi Sumber Daya Manuaia (SDM) Indonesia bisa dilakjkan melalui rangkaian kerja sama pendidikan secara global.Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar Konferensi Internasional terbesar yang melibatkan peneliti, akademisi, dan mahasiswa dari 20 negara di seluruh dunia.  Konferensi ini menghasilkan 650 karya ilmiah yang disampaikan dan didiskusikan dalam acara tersebut. 

Pertemuan para peneliti, akademisi, dan mahasiswa dari 20 negara ini bertujuan untuk bertemu membahas permasalahan-permasalahan dunia yang akhir-akhir ini terjadi. Mencari solusi untuk keberlangsungan hidup masyarakat dalam menghadapi dampak pandemi yang menghantam segala aspek kehidupan.

Konferensi terdiri dari Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH), Tarumanagara International Conference on the Applications of Technology and Engineering (TICATE), Tarumanagara International Conference on the Medicine and Health (TICMIH), sekaligus Konsorsium Bidang Hukum, Psikologi, dan Kesehatan yang menjadi program Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDIKTI III), secara daring beberapa waktu lalu.

Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mengulurkan dukungan sehingga acara ini dapat terselenggara.

"Konferensi dan konsorsium yang telah mengumpulkan sekitar 650 karya ilmiah dari para peneliti yang datang dari berbagai negara seperti Australia, Republik Ceko, Jerman, Jepang, Malaysia, Swedia, Inggris, Timor Leste, Singapura, China, Taiwan, Thailand, Jamaika, Filipina, India, Kenya, Jordan, dan pastinya Indonesia," sebut Agustinus.

Ini sekaligus membuktikan bahwa dunia pendidikan tinggi memiliki peran untuk mengatasi masalah khususnya memberikan solusi dalam menghadapi dampak pandemi covid19 yang berkepanjangan. "Semoga kontribusi yang diberikan sesuai bidang ilmu dapat mengubah dunia menjadi lebih baik,” ujar Agustinus.

Secara khusus para Rektor dari berbagai universitas di lingkungan LLDIKTI III yang tergabung dalam konsorsium, turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Untar yang telah bersedia menjadi tuan rumah.  Mereka menaruh harapan besar kepada para akademisi dan mahasiswa untuk terus berkarya serta berperan memperbaiki kehidupan masyarakat.

Kepala LLDIKTI III, Agus Setyo Budi dalam sambutannya menyampaikan bahwa covid-19 telah memberikan efek signifikan terhadap kesehatan global dan ekonomi dunia. “Melalui konferensi dan konsorsium ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap tantangan-tantangan yang akan datang dalam era teknologi yang disruptif ini," pesannya.