Pengajaran Online, UKI Gelar Workshop Internasional bersama ACELT, ADMU Filipina

ANP • Tuesday, 10 Aug 2021 - 17:12 WIB

JAKARTA - Fakultas Sastra dan Bahasa UKI bekerjasama dengan Ateneo Center for English Language Teaching (ACELT) - Ateneo de Manila University, Filipina menggelar Workshop Internasional, dengan tema ‘From F2F to Virtual Teaching: Optimising Creative Online Tools to Promote Active and Interactive Learning’.

Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 29 – 30 Juli 2021 dan diikuti oleh 42 peserta diantaranya guru SMA, pimpinan sekolah, dosen, peneliti, praktisi dari berbagai negara dan institusi.

Narasumber dalam workshop ini adalah Direktur Eksekutif dari Ateneo Center for English Language Teaching (ACELT), Filipina, Dr. Cecilia Suarez dan Akademisi Ateneo de Manila University, Ms. Jessica Lace Evangelista.

Workshop ini dirancang untuk membantu dan membekali para pengajar Bahasa Inggris di UKI dan juga di seluruh Indonesia serta negara lain. Topik, aktivitas dan tugas yang dilaksanakan dalam pelatihan ini berdasarkan pada hasil analisa kebutuhan dari hasil pertemuan sebelumnya dari penyelenggara kegaitan“, ujar Dekan Fakultas Sastra dan Bahasa, Susanne A.H. Sitohang, S.S., M.A. dalam sambutannya.

Pelatihan virtual ini dibagi menjadi sesi  ‘synchronous’ dan ‘asynchronous’. Para narasumber bertemu secara daring dengan peserta pelatihan sebanyak dua kali selama sesi ‘synchronous’. Di hari pertama, peserta diharapkan untuk bekerja secara mandiri pada kegiatan yang akan mengarahkan mereka menyelesaikan tugas utama.

Workshop ini memandu peserta untuk mengevaluasi hasil tugas mereka dan selanjutnya membantu menggunakan perangkat online dalam proses pengajaran  Bahasa Inggris. Pelatihan ini bertujuan agar peserta dapat merancang pembelajaran yang aktif dan interaktif.

Workshop virtual internasional ini diakhiri dengan pembagian sertifikat kepada perwakilan peserta, Mr. Arniel S. Castante, dari Filipina secara daring oleh Wakil Rektor bidang SDM dan Kerja sama UKI, Dr.rer.pol Ied Veda Sitepu. ‘Kegiatan kerja sama seperti ini harus terus ditingkatkan, khususnya antara UKI dan ADMU, Filipina. Selama ini, sudah banyak upaya peningkatan kualitas SDM yang dilaksanakan antara kedua universitas besar ini, baik bagi para pengajar, staff, serta mahasiswa,’ ungkap Dr.rer.pol Ied Veda Sitepu dalam sambutannya.

Pada kegiatan ini, hadir pula Wakil Dekan, FSB UKI, Jannes Freddy Pardede, SS., M.Hum., Ketua Program Studi Sastra Inggris, Mike Wijaya Saragih, S.S., M.Hum., Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Hendrikus Male, S.Pd., M.Hum., dan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Dewi Sulistyowati, S.Hum., M.Hum, serta para dosen dan staff di Fakultas Sastra dan Bahasa UKI. (ANP)