Mahasiswa Minat Berwirausaha, Kemendikbudristek Janjikan Pedanaan dan Pendampingan

AKM • Wednesday, 16 Jun 2021 - 22:10 WIB

Jakarta - Kendala terbesar dalam dunia usaha termasuk bagi pemula untuk menjadi pengusaha mandiri di dominasi  faktor dana. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan memberikan pendanaan awal bagi mahasiswa yang tertarik untuk berwirausaha. 

Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Nizam mengatakan Pemerintah juga menyiapkan pendampingan, mentoring evaluasi dalam menjalankan wirausaha.

"Kalau nanti mereka yang tertarik berwirausaha kita berikan pendanaan awal, pendampingan, mentoring, evaluasi," kata Nizam dalam acara yang digelar Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), Rabu (16/6).

Menurut Nizam, pendampingan tak hanya dilakukan oleh dosen. Namun, praktisi juga terlibat agar mahasiswa mendapatkan pendidikan kewirausahaan yang baik.

"Pendampingan oleh dosen dan praktisi. Terlebih penting lagi dari para wirausahan yang telah berhasil," ungkapnya.

Menurut Nizam, Kemendikbudristek juga menjanjikan memberikan pendanaan lanjutan. Dengan catatan, apabila bidang wirausaha yang dikembangkan itu berhasil. 

"Yang berhasil akan kita berikan pendanaan untuk startup agar mereka bisa melahirkan wirausaha sebelum lulus," sebutnya.

Nizam juga meminta kampus mengawal minat dan bakat mahasiswa di luar akademik. Terlebih, para mahasiswa yang tertarik dan berbakat dalam berwirausahaa.

"Passion mereka kita gembleng, kita kenalkan produk yang dibutuhkan pasar melalui program Kampus Merdeka," tutur Nizam.

Nizam juga mengungkapkan berdasarkan hasil survei di 2019, sebanyak 69,1 persen di antaranya berminat menjadi wirausahawan.

"69,1 persen milenial ini berminat menjadi wirausahawan, ini survei 2019," ungkap Nizam.

Menurut Nizam, angka tersebut merupakan potensi yang harus diakselerasi untuk menghasilkan startup kampus. Menurut Nizam, kewirausahaan harus dibentuk sejak awal.

“Bukan karena terpaksa, karena setelah lulus tidak diterima sana sini. Tapi wirausaha yang kita plan dari awal," pintanya.