Inilah Inovasi 15 Tahun Pengembangan Teknologi Audio OPPO

ANP • Tuesday, 6 Apr 2021 - 22:56 WIB

Jakarta – Hari ini OPPO Indonesia resmi meluncurkan OPPO Enco X, inovasi earphone nirkabel premium yang mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pecinta teknologi dan audio. OPPO Enco X merupakan hasil pengembangan OPPO selama 15 tahun dan disempurnakan melalui kolaborasi dengan Dynaudio, merek audio Hi-Fi premium di dunia. Keunggulan OPPO Enco X akan diperkenalkan dalam peluncuran digital yang menghadirkan figur-figur profesional Indonesia yaitu Arifin Putra, Adra Karim, Ayu Larasati, dan Muhammad Fadli.  

Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia, menjelaskan, dalam setiap inovasinya, OPPO memahami pentingnya teknologi untuk membangkitkan semangat penggunanya  mengeksplorasi dunia. OPPO berkolaborasi dengan Dynaudio, merek HiFi dari Denmark yang telah dipercaya di bidang audio sejak tahun 1977, menghadirkan OPPO Enco X, earphone nirkabel premium yang didesain untuk memberikan pengalaman audio yang luar biasa. "Enco X hadir dengan visi untuk menjadi The Acoustic That Inspires yang menerjemahkan keindahan suara dan musik untuk menginspirasi indera agar merasakan dunia yang lebih hidup,” katanya.

OPPO Enco X hadir dengan desain ergonomis inovatif  yang ringan yaitu hanya 4,8 gram, dalam kemasan compact charging case dengan material aluminium yang kokoh serta desain ramping elegan. Fitur-fitur unggulannya disempurnakan dari pengembangan teknologi audio OPPO selama 15 tahun.

Kolaborasi dengan Dynaudio

Untuk menghadirkan audio yang presisi secara digital, OPPO mengeksplorasi 30 jenis material berbeda dan 152 komponen, serta melalui 120 modifikasi struktural sebelum akhirnya memutuskan struktur akustik final yang unik untuk OPPO Enco X yaitu kombinasi driver membran yang seimbang dengan driver dinamis, yang dibuat dengan struktur koaksial khusus. 

 

DBEE 3.0 Sound System

Pada tahun 2007, OPPO pertama kali merilis teknologi Dynamic Bass Enhancement Engine (DBEE) 1.0 Dynamic Audio. Sekarang, 13 tahun kemudian, OPPO memperkenalkan DBEE 3.0 Sound System dengan material, teknologi, dan struktur baru yang mampu meningkatkan kejernihan suara terutama pada frekuensi bass-nya secara signifikan.

Coaxial Dual-Driver Design

Enco X juga menggunakan Coaxial Dual-Driver Design yang umumnya hanya ditemukan dalam produk audio high-end, dimana dua buah speaker terpasang untuk menjaga keseimbangan antara frekuensi audio high dan mid-to-low. Di bagian depan, unit speaker yang lebih kecil menggunakan Magnetically Balanced Membrane Driver untuk menjaga kualitas suara pada frekuensi tinggi agar memiliki audio resolution yang jernih. Di belakang, Enco X dilengkapi dengan Dynamic Driver berukuran lebih besar dengan triple layer design untuk frekuensi audio menengah dan rendah, dan menambah power pada suara bass-nya.

Low-Latency High-Definition Audio Codec

Mampu mendukung proses streaming audio dalam resolusi lebih tinggi melalui Bluetooth, dan memberikan range suara yang lebih detail.

Ultra-Wideband terbaru dengan dual-core dual-mix design 

Dapat meningkatkan fitur noise cancellation hingga 20%. Fitur ini tersedia dalam dua pilihan; Max Noise Cancellation Mode dan Noise Cancellation Mode yang bisa disesuaikan dengan mudah sesuai kebutuhan. Triple-Mic Call Noise Cancellation juga memastikan suara tetap jernih selama panggilan telepon.

Patrick Owen menambahkan, OPPO melalui Enco X ingin membantu setiap pengguna mendapatkan pengalaman audio yang mampu meningkatkan kreativitas untuk dikembangkan melalui indera pendengaran, rasa, sentuhan, dan penglihatan, kemudian diwujudkan melalui beragam bentuk karya. OPPO Indonesia bangga dapat bekerja sama dengan figur-figur muda yang memiliki nilai dan semangat yang sama dengan OPPO Enco X yaitu Arifin Putra – seorang aktor berbakat, Adra Karim – musisi dan komposer jazz, Ayu Larasati – seniman keramik, dan Muhammad Fadli – fotografer profesional. "Mereka telah membuktikan pentingnya peran audio untuk menggali inspirasi dan mendukung passion mereka dalam menghadirkan karya seni terbaiknya," tambahnya.

Arifin Putra, Aktor dan Brand Ambassador OPPO Indonesia, mengatakan, kecanggihan OPPO Enco X berperan penting dalam kegiatan bekerja maupun bersantai sehari-hari. Mode Transparency memungkinkan saya tetap memperhatikan sekitar, sehingga saya tidak perlu melepas earphone jika harus melakukan percakapan secara langsung. Saya dapat puas menikmati pemutar musik hingga 25 jam dengan sekali pengisian daya atau sekitar 2 jam sehari selama 2 minggu. OPPO Enco X juga didukung dengan pengisian daya nirkabel dan reverse charging dari smartphone OPPO. "Nilai plus lainnya dari OPPO Enco X adalah saat beraktivitas di luar ruangan, tidak perlu khawatir terkena hujan, keringat, atau debu karena sudah dilindungi dengan IP54 Dust and Water Resistance,” ujarnya

Adra Karim, Musisi dan Komposer Jazz, mengungkapkan, setiap musik berhak untuk dinikmati dengan kualitas audio terbaik agar dapat lebih menginspirasi banyak orang. Enco X menjadi sebuah bukti bahwa OPPO mempunyai concern yang sama. Audio yang dihasilkan oleh OPPO Enco X sangat jernih dengan kombinasi high, mid, dan low-nya sangat pas, tidak berlebihan, dan sesuai kebutuhan. "Sebagai musisi, saya terbiasa mendengarkan kualitas audio yang optimal menggunakan alat khusus di studio. Sekarang saya dapat membawa sensasi itu kemana saja menggunakan OPPO Enco X,” kata Adra. (ANP)