Kasus All England 2021, KOI: Indonesia akan Terus Berjuang Mencari Keadilan  

MUS • Friday, 19 Mar 2021 - 13:59 WIB

Jakarta – Pendiskualifikasian Indonesia di ajang All England 2021 menjadi pukulan telak bagi khalayak, khususnya pencinta bulu tangkis. Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, menjelaskan langkah KOI untuk mengantisipasi kejadian ini agar tak terulang lagi.

“Sejak awal KOI tidak akan membiarkan kasus ini (diskualifikasi All England–red). Karena kita akan meneruskan skandal ini ke level selanjutnya, kita sudah membuat surat protes keras kepada peristiwa yang menimpa tim Indonesia ke Badminton World Federation (BWF),” ujar Okto saat diwawancara dalam program Trijaya Hot Topic pagi edisi Jumat, (19/03/2021).

Menurut Raja Okto, BWF tidak merespon surat protes itu dengan meminta maaf, tapi hanya menyesalkan karena Indonesia terikat oleh regulasi yang dibuat oleh pemerintah Inggris.

“Saya merasa BWF dan pihak penyelenggara di Inggris saling lempar tanggung jawab terhadap keikutsertaan Indonesia, ini terkesan tidak professional jadi masuk ke dalam salah satu poin protes kita,” katanya

Ia menjelaskan bahwa Indonesia tidak bisa langsung mengambil sikap memaafkan atas peristiwa ini, karena menyangkut harga diri bangsa yang harus diperjuangkan.

“Kita harus tetap melakukan protes keras dan terus mencari keadilan karena kita mendapat perlakuan yang tidak tepat,” tutup Okto. (Kuh)