Dukung Keinginan Para Pesepeda, Fraksi PKS Terima Audiensi B2W Indonesia

FAZ • Tuesday, 16 Mar 2021 - 11:59 WIB

Jakarta – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta mendukung keinginan para pesepeda, hal ini terlihat dari kunjungan silaturahim beberapa komunitas pesepeda yang tergabung dalam Komunitas Bike to Work (B2W) Indonesia yang dipimpin Ketua Umumnya Poetoet Soedarjanto, Senin (15/3/2021) di Kantor Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta yang juga Anggota Fraksi PKS Abdul Aziz mengatakan, dirinya sangat mendukung program jalur sepeda diperluas dan ditambah panjang rutenya oleh Pemprov DKI, bahkan dirinya menandatangani anggaran penambahan rute jalur sepeda meskipun perdebatan cukup panjang.

“Pada prinsipnya PKS sangat mendukung hal tersebut, agar sejajar Kota Jakarta dengan kota-kota lainnya di dunia yang sudah melakukan jalur pesepeda dengan baik,” kata Abdul Aziz yang juga Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta ini.

Aziz pun menambahkan, seperti yang dikatakan Gubernur Anies saat bersepeda bersama para Duta Besar pekan lalu, yang ingin mendorong masyarakat agar mengubah pola pikir warga tentang bersepeda, dari olahraga atau hiburan menjadi alat transportasi, dan untuk ketahanan perkotaan yang akan mencapai target mengurangi 50 persen emisi gas rumah kaca pada tahun 2030 dan emisi bersih pada 2050.

“PKS sebagai partai pengusung, wajib mengawal program tersebut, apalagi ini dampaknya akan berkelanjutan demi masa depan generasi bangsa khususnya di ibu kota,” tandasnya.

Hal senada disampaikan, Anggota Fraksi PKS lainnya Dedi Supriadi yang juga Wakil Ketua Bapemperda DPRD DKI Jakarta, dirinya mengatakan, jalur sepeda sudah semestinya tidak mengundang kontroversi. Di seluruh kota besar dunia jalur sepeda adalah keniscayaan, bahkan di kota-kota tetangga Jakarta sudah mulai ikut membuat jalur sepeda.

“Kebijakan transportasi Jakarta adalah memuliakan pejalan kaki, pesepeda dan pengguna transportasi publik lainnya, setelah itu barulah memfasilitasi pengguna kendaraan pribadi,” ujar pria yang juga bertugas di Komisi D DPRD DKI yang membidangi pembangunan Jakarta.

Dedi yang juga Ketua Umum Federasi Triathlon Indonesia Provinsi DKI Jakarta menyerap beberapa apirasi B2W Indonesia terkait dengan lahan yang dapat digunakan pesepeda di bawah flyover Pasar Rebo agar dapat legal menggunakan lahan tersebut untuk berlatih dan lainnya.

Sementara itu, Koordinator Tim Advokasi B2W Indonesia Fahmi mengusulkan agar adanya parkir sepeda di gedung wakil rakyat Jakarta, agar para pesepeda yang berkantor disini tidak sulit menitipkan sepedanya.

Abdul Aziz langsung merespon, “Kita akan segera sampaikan ke Sekretariat Dewan, agar segera dibuatkan, ini penting, terima kasih masukannya,” pungkas Aziz.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD DKI M. Taufik Zoelkifli yang juga Anggota Komisi B dan sejumlah komunitas pesepeda diantaranya Asosiasi BMX Indonesia dan Komunitas Ontel Batavia (KOBA).