Setahun Pandemi, Wamenkes: Masyarakat Lelah, Disiplin Prokes Menurun

MUS • Tuesday, 9 Mar 2021 - 14:35 WIB

Jakarta – Pandemi covid-19 yang telah setahun mencengkram Indonesia, membuat masyarakat mulai jenuh. Akibatnya, kepatuhan terhadap protokol kesehatan pun cenderung menurun. Hal itu dikatakan Wakil Menteri Kesehatan, Dr. Dante Saksono Harbuwono, dalam rakornas Penanggulangan Bencana 2021 yang berlangsung hari ini, Selasa (9/3/2021).

“Pertumbuhan kasus Covid-19 di Indonesia, secara eksponensial meningkat. Terutama ketika warga memasuki liburan panjang,” ungkap Dante.

Menurut Dante, secara umum ada dua hambatan yang harus dipecahkan pemerintah, untuk mengoptimalkan penanganan pandemi.  

“Secara keseluruhan ada dua penghambat yang harus kita pecahkan. Yaitu hambatan di tingkat masyarakat seperti contoh, masyarakat sudah lelah dengan pandemi dan akhirnya mengabaikan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker). Sedangkan untuk hambatan tingkat pemerintah adalah, kegiatan 3T (tracing, testing, treatment) harus lebih digencarkan dan diperluas. Karena itu pemerintah terus berupaya meratakan laboratorium di seluruh daerah, agar deteksi covid-19 bisa dilakukan lebih dini,” ujar Dante. (Kuh)