Mensos Risma Kunjungi Usaha Rehabilitasi Sosial Anak Jalanan di Mojokerto

MUS • Friday, 5 Feb 2021 - 14:57 WIB

Mojokerto - Menteri sosial Tri Rismaharini memberi apresiasi pada Direktorat Rehabilitasi Sosial dalam upaya pemberdayaan anak jalanan. Hal ini ditunjukan dengan meresmikan Millenial Koffie di Dusun Balongwaru Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto.

Millenial Koffie adalah sebuah usaha kuliner yang dikelola oleh anak-anak jalanan di Mojekerto. Dirjen Rehsos Kemensos, Hary Hikmad mengatakan kehadiran tempat usaha ini adalah upaya dari Kemensos RI untuk membantu penanganan anak-anak jalanan. Sehingga beban mereka tidak hanya di tanggung oleh pemda namun juga ada intervensi dari pusat. Hal ini juga tidak lepas dari amanat UUD yang mengamanatkan untuk kesejahteraan anak.

"Ini adalah upaya dari Kemensos untuk membantu anak-anak jalanan mendapatkan pekerjaan. Kita latih dan fasilitasi agar mereka mandiri dengan keahliannya. Dan tidak kembali ke jalan," ujar Hary Hikmad.

Sementara itu Bupati Mojokerto Pungkasiadi menyambut baik upaya Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk memberdayakan anak jalanan dengan usaha kuliner

"Terimkasih kepada Bu Risma yang sudah blusukan di Mojokerto dan membantu anak-anak jalanan," ungkap Pungkasiadi

Muhamad Yudi Ardianto salah satu anak jalanan menyatakan terima kasih juga kepada Mensos Tri Rismaharini. Yudi mengungkapkan tanpa bantuan Risma hidupnya masih akan di jalanan.

"Terimaksih Bunda karena bunda saya bisa punya pekerjaan dan tidak kembali ke jalan," ujar Yudi sembari menangis.

Di Millenial Koffie ini juga dituliskan kata-kata Menteri Sosial Tri Rismaharini di salah satu sudut dindingnya yang menjadi motivasi bagi anak anak jalanan dalam berkreasi.  "Gagal - Bangkit, Gagal - Bangkit Sampai Kegagalan Takut Padamu." (Her)