Strategi Tepat Sasaran & Beri Nilai Lebih, MNC Bank Raih Indonesia Operational Excellence Awards 2020

MUS • Monday, 21 Dec 2020 - 11:23 WIB

Jakarta – Menutup tahun 2020, PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) kembali mendapatkan apresiasi terhadap kinerja operasionalnya melalui ajang penghargaan Indonesia Operational Excellence Awards (IOEA) 2020 yang diserahkan secara virtual pada Jumat, 18 Desember 2020. MNC Bank, sebuah unit usaha dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group, berhasil memperoleh peringkat Gold (Excellent) untuk kategori bank umum kegiatan usaha (BUKU) II, pada virtual award yang diselenggarakan oleh Economic Review bekerja sama dengan PQI Consultant, Indonesia-Asia Institute, dan Ideku Group.

Indonesia Operational Excellence Awards 2020 adalah bentuk apresiasi kepada perusahaan maupun organisasi baik private maupun publik yang berhasil membuat strategi tepat sasaran untuk mencapai visi dan misi melalui operational excellence dengan pendekatan 'lean'. Dewan juri memberikan penilaian berdasarkan kriteria tersebut kepada sekitar 1.000 perusahaan publik (Tbk) maupun non publik. 

Peserta kegiatan dibagi menjadi 9 sektor industri dan dikategorikan menjadi 46 sub sektor industri serta kepemilikan dan asetnya. Pencapaian operational excellence melalui implementasi lean management memiliki prinsip dasar untuk memberikan value yang lebih dengan resources yang terbatas, memaksimalkan resources yang ada dengan menghilangkan pemborosan pada proses kerja. 

Sifat universal dari prinsip tersebut bermanfaat untuk berbagai industri yang ingin menerapkan lean management karena dapat disesuaikan dengan bidang industri yang ditangani untuk memberikan nilai lebih bagi konsumennya. “Apresiasi ini menjadi motivasi bagi kami untuk semakin memaksimalkan resources yang tersedia dan memberikan value yang lebih baik bagi nasabah, pemegang saham, maupun masyarakat Indonesia,” ujar Presiden Direktur MNC Bank Mahdan saat dihubungi setelah virtual award, Jumat (18/12/2020).

Mahdan melanjutkan, salah satu nilai lebih yang dihadirkan oleh MNC Bank adalah menawarkan program-program menarik yang tidak hanya memberikan apresiasi kepada nasabah, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap operasional MNC Bank. Salah satunya adalah Tabungan Dahsyat, yang menawarkan nilai lebih berupa hadiah dahsyat e-voucher Shopee Rp100.000 bagi masyarakat yang membuka rekening minimal Rp1 juta, serta undian hadiah bulanan sebanyak 30 e-voucher Shopee masing-masing senilai Rp10 juta, hadiah tiga bulanan sebanyak 3 iPhone 12 Pro Max, hingga grand prize 3 Avanza Veloz 1.5 AT dan sebuah Alphard 2.5G AT bagi nasabah dengan saldo rata-rata Rp10 juta. 

Selain memberikan nilai yang menarik bagi nasabah, program yang diperkenalkan pada 16 November 2020 dan berlangsung hingga Oktober 2021 tersebut, diharapkan dapat mendongkrak akuisisi dana murah, yakni tabungan.

Perlu diketahui, laju pertumbuhan tabungan di MNC Bank pada November 2020 mencapai 14,69% (yoy), lebih tinggi dari Oktober 2020 yang minus 0,98% (yoy). Hal tersebut menunjukkan kinerja yang menguat dibandingkan industri perbankan seperti dipaparkan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) November 2020 lalu, dengan infografis yang menggambarkan laju pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perbankan November 2020 mencapai 12,12% (yoy), lebih rendah dari Oktober 2020 yang mencapai 12,88% (yoy).

Program seperti Tabungan Dahsyat yang memberi nilai lebih bagi nasabah, sekaligus meningkatkan dana murah MNC Bank, sehingga mencapai kinerja yang lebih baik, adalah contoh yang sesuai dengan harapan Founder Economic Review dan IOEA Irlisa Rachmadiana. Nana, demikian ia biasa disapa, menegaskan, apresiasi Top Bank Award kali ini dimaksudkan agar perusahaan maupun organisasi dapat meningkatkan kinerja melalui peningkatan operational excellence sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan kinerja ekonomi nasional dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional yang mendapat tantangan berat dari pandemi Covid-19.

“Saya harap apresiasi yang diberikan kepada MNC Bank dan berbagai perusahaan lainnya pada IOEA 2020 akan semakin menggaungkan penerapan operational excellence dengan pendekatan 'lean', sehingga sistem perusahaan di Indonesia akan semakin maju dan diakui secara global,” kata Nana.