Parade Wirausaha Digital 7 TOP: Peluang Usaha dan Lapangan Kerja di Indonesia

MUS • Friday, 11 Dec 2020 - 19:10 WIB

Jakarta - Parade Wirausaha Digital 7 TOP merupakan salah satu pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan OK OCE Indonesia di tahun 2020. 7 TOP atau 7 Tahap OK OCE Menuju Prima, merupakan kurikulum pelatihan berbasis program ENVOY yang terdiri dari pelatihan, pendampingan, pemasaran, dan pencatatan keuangan.

Parade dimulai pada Sabtu, 5 Desember 2020 hingga Kamis, 10 Desember 2020. Di setiap rangkaiannya peserta dihadirkan dengan para pembicara yang membahas lengkap setiap tahapan pelatihan, mulai dari pendaftaran dan pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pelaporan keuangan, hingga permodalan.

Agenda penutupan pelatihan berlangsung pada Kamis, 10 Desember 2020 dihadiri oleh Indra C Uno selaku Pendiri OK OCE. Indra menyampaikan tentang Bangunan Gerakan OK OCE, termasuk 7 TOP yang sudah dilaksanakan dalam parade kali ini. Indra menjelaskan bahwa OK OCE merupakan gerakan sosial milik seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga: OK OCE Berikan Bantuan Modal Usaha untuk UMKM

Gerakan OK OCE dibagi menjadi tiga lapisan, yakni lapisan wirausaha yang terdiri dari para wirausaha dampingan, lapisan wirausaha sosial oleh penggerak komunitas yang menjalankan program 7 TOP bagi para dampingan, serta lapisan sosial yang dipayungi oleh OK OCE sebagai model bisnis yang memberikan penggalangan dana dalam bentuk donasi umum, donasi penggunaan jaringan dan dukungan, serta donasi penggunaan merek.

Sehubungan dengan tahap ke-7 yaitu permodalan, Indra menyampaikan pesan bagi para pelaku usaha yang mengalami kesulitan dalam mengelola bisnisnya selama masa pandemi. Menurutnya, wirausaha harus cermat melihat kesempatan dan menjalin hubungan yang baik terutama dengan jaringan usaha yang kita miliki.

“Pengusaha itu harus punya dua, tiga, sepuluh, seribu komunitas. Artinya, makin lama kita bergabung dengan berbagai komunitas dan memperluas kontak yang ada di handphone kita. Perluas pasar kita dengan cara yang semurah-murahnya," jelas Indra.

Dalam kegiatan hari ini juga dilakukan penyerahan simbolis sertifikat pelatihan oleh Indra C. Uno kepada perwakilan peserta yang sudah berhasil menyelesaikan tahapan 7 TOP. Seperti prinsip yang selalu dicanangkan oleh OK OCE, Indra menyampaikan harapannya melalui Parade Wirausaha Digital 7 TOP bisa tumbuh pelaku wirausaha yang sukses menciptakan lapangan kerja baru. (Mus)