Penanganan Covid-19 di Daerah dan Bantuan Tangan Ormas Islam

MUS • Wednesday, 25 Nov 2020 - 10:26 WIB

Jakarta – penanganan Covid-19 tidak hanya gencar dilakukan di pusat, melainkan juga dilakukan di berbagai daerah. Bantuan juga diberikan oleh ormas islam yaitu Nadhatul Ulama dan Muhammadiyah. 

Pada Talkshow Trijaya Hot Topik pagi tadi Rabu (25/11/2020) dengan topik “Komitmen Daerah Lawan Kerumunan” para narasumber masih berkomitmen memerangi Covid-19 di daerahnya masing-masing.

Contohnya NU dalam membantu melawan Covid-19 di daerah Pati Jawa Tengah. NU sudah memberikan edukasi kepada masyarakat dalam meyakinkan tentang bahaya Covid-19. NU bekerja sama dengan pemerintah setempat dalam memerangi Covid-19. Hambatan yang dialami adalah stigma negatif yang ada di masyarakat tentang Covid-19, serta penolakan yang diterima dari masyarakat.

Sementara Muhammadiyah sudah mengerahkan 83 Rumah Sakit Muhammadiyah yang berada di seluruh Indonesia untuk menangani pasien Covid-19, dan mengeluarkan 300 miliar rupiah untuk bantuan di berbagai daerah hingga saat ini. Muhammadiyah juga menerima bantuan dari Singapura untuk peralatan medis yang nantinya akan disebar ke beberapa rumah sakit Muhammadiyah.

“Karena kita selalu update data, total sampai saat ini sudah 300 miliar yang Muhammdiyah keluarkan,” kata Manajer logistik Muhammadiyah Covid-19 Command Center, Mashuri Masyhuda. (Han)