Kemenag: Penutupan Visa Umrah Bukan Hanya untuk Indonesia

MUS • Monday, 16 Nov 2020 - 21:34 WIB

Jakarta - Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Oman Fathurahman menegaskan keputusan pemerintah Arab Saudi untuk menutup visa umrah tidak hanya berlaku bagi Indonesia tetapi seluruh dunia.

“Bukan hanya jamaah asal Indonesia, tapi seluruh dunia,” kata Oman dalam pesan singkat kepada Sindo Media, Senin (16/11/2020).

Oman pun memberikan informasi kemungkinan keputusan Arab untuk stop visa umrah sekitar tujuh hari sejak diberlakukannya. “Mungkin 7 hari,” katanya singkat.

Sementara dari rilis yang diterima sebelumnya, Oman menjelaskan bahwa penutupan sementara proses visa umrah bagi Indonesia ini dalam rangka evaluasi penyelanggaraan umrah.

“Saat ini Pemerintah Arab Saudi sedang menutup proses visa dalam rangka melakukan evaluasi dan pengaturan terhadap penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah Indonesia,” ungkap Oman.

Sebelumnya pemerintah Arab pada 1 November 2020, memberi izin kepada jemaah dari luar negaranya untuk menyelenggarakan umrah.

Indonesia mendapat kehormatan menjadi yang pertama, selain Pakistan. Total ada 359 jemaah umrah asal Indonesia yang terbang ke Arab Saudi dalam tiga fase keberangkatan tanggal 1, 3, dan 8 November 2020.