Rakornas ICCN 2020, Bergegas Bergerak Bersama

ANP • Tuesday, 3 Nov 2020 - 17:39 WIB

Jakarta - Kekuatan jejaring Indonesia Creative Cities Network (ICCN) terus bertumbuh dan bertambah kuat. Kemampuan gotong royong dan bahkan konsisten saling bantu bertahan hingga bangkit dari situasi darurat akibat pandemi COVID-19 ini diperkuat oleh koordinasi kompak yang terus terjalin lintas wilayah, antara lebih dari 200 Kabupaten/Kota Kreatif anggota jejaring di seluruh Indonesia. Kini tiba kembali saatnya koordinasi tingkat nasional akan dilaksanakan melalui momentum Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ICCN 2020, dengan mengangkat tema "Jenggirat Obah Bareng", atau yang dapat diartikan sebagai "Bergegas Bergerak Bersama". Rakornas ICCN 2020 ini akan diselenggarakan pada tanggal 05-07 November 2020, di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain untuk melakukan koordinasi para pengurus serta anggota di seluruh Indonesia secara hybrid, yaitu melalui sistem komunikasi daring dan luring, Rakornas ICCN 2020 juga akan diisi oleh aktivitas diskusi bersama para tokoh representatif dari ekosistem ekonomi kreatif dalam model Pentahelix A-B-C-G-M (Academics - Business - Community - Government - Media). Termasuk di antara para keynote speaker adalah Ketua Umum ICCN - Fiki C Satari, Menteri Koperasi dan UKM - Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif - Wishnutama Kusubandio, serta Bupati Banyuwangi - Abdullah Azwar Anas.

"Jejaring ICCN yang terdiri dari orang-orang kreatif di seluruh Indonesia selalu terhubung dan siap bahu-membahu untuk saling bantu. Terutama begitu pandemi COVID-19 ini terjadi, ICCN langsung sigap bergerak, sebab banyak sekali pelaku kreatif lokal yang terdampak. Seperti melalui jalannya program ABBS. Harapannya, Rakornas ICCN 2020 ini juga dapat menghasilkan program-program terintegrasi yang bermanfaat besar, sambil mempererat sinergi dan solidaritas jejaring Kabupaten/Kota Kreatif untuk bantu mendorong ekosistem ekonomi kreatif Indonesia segera bangkit dan lebih maju," tutur Fiki Satari, Ketua Umum ICCN.

Pada momentum Rakornas 2020 ini akan turut hadir pula Gubernur Bangka Belitung, Wakil Gubernur Jawa Timur, Wali Kota Jayapura, Perwakilan Kota Chiang Mai, Thailand, serta komunitas-komunitas kreatif dari berbagai kabupaten/kota seluruh Indonesia, termasuk Batam, Lombok, Sukabumi, Banyuwangi, Numbay, juga tingkat provinsi termasuk Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Barat, serta Sulawesi Tenggara. Ragam diskusi akan disajikan dengan pembahasan seputar program-program ICCN, cara serta potensi inovasi kreatif dalam proses bertahan hingga bangkit saat segala hal terjegal pandemi, untuk bisnis, UMKM, komunitas, juga akan ada laporan terkini dari rangkaian upaya ICCN membantu para anggota jejaring pada masa pandemi COVID-19 melalui program Aksi Bersama Bantu Sesama (ABBS) yang telah dilaksanakan sejak Mei 2020. Dalam rangkaian Rakornas ICCN 2020 pun akan ada creative tour di Kabupaten Banyuwangi, presentasi rencana Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2021 di Bali, serta pembahasan tentang perencanaan dan penetapan program ICCN 2021.

Ibu Rizky Handayani selaku Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf / Baparekraf) Republik Indonesia menyatakan, “Kami turut memberikan dukungan kepada ICCN di program Rakornas ini sebagai salah wujud nyata kolaborasi Kemenparekraf bersama semua stakeholder Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Selain itu kami berharap agar melalui kegiatan yang diselenggarakan di Banyuwangi sebagai salah satu kota festival di Indonesia, dapat menjadi momentum untuk memantik penyelenggaraan kegiatan (events) di Indonesia pada masa mendatang demi membangkitkan kembali geliat pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air, tentunya dengan sangat memperhatikan protokol kesehatan dan kondisi masing-masing daerah”.

"ICCN secara konsisten dan setia terus menjalin serta memperkuat jejaring para pelaku kreatif di Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Langkah-langkah besar dan bersama-sama ini terus kami lakukan demi turut mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang maju, dengan berlandaskan keunggulan kompetitif di berbagai wilayah, yang tentunya didukung oleh peran serta produktivitas orang-orang kreatif yang berkualitas dan berdaya saing dengan keahlian dan kreativitasnya," tegas Fiki Satari. ICCN selalu menaruh keyakinan pada kekuatan individu kreatif yang secara kolektif dapat bergegas bersama menggerakkan Indonesia Maju. Padamu Negeri, Kami Berkolaborasi!. (ANP)