Menteri Luhut Apresiasi Kinerja PMI dalam Penanganan Covid-19

Mus • Tuesday, 29 Sep 2020 - 13:22 WIB

Jakarta -  Sedikitnya 256 Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) di seluruh Indonesia akan dilibatkan dalam rencana vaksinasi covid-19 oleh Pemerintah. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Luhut Binsar Panjaitan saat meninjau operasi penanganan covid-19 Palang Merah Indonesia (PMI) di Markas Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (29/9/2020).

Luhut mengatakan, PMI memiliki sumber daya manusia yang mumpuni dalam membantu vaksinasi. Pelibatan PMI dalam vaksinasi ini diharapkan Luhut dapat lebih efektif dan efisien, mengingat penyuntikan vaksin nanti ditaksir berjumlah jutaan dalam sebulan.

"UDD ini terbiasa dan terlatih dalam menangani transfusi darah," katanya.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) mengatakan, PMI akan selalu siap membantu Pemerintah dalam mengendalikan pandemi. Selama pandemi, kata JK, PMI fokus melakukan pencegahan dengan melakukan disinfeksi massal di sejumlah tempat umum seperti rumah ibadah, perkantoran, kantor pemerintahan, dan jalan. Upaya mematikan virus dengan cairan disinfektan ini ditaksir telah menjamah 101.802 lokasi.

"Peran PMI tetap pada preventif, Pemerintah kuratif," kata JK.

“PMI selama ini bergerak untuk menangani Covid-19 mengandalkan 3 jurus yaitu sterilisasi kota melalui operasi penyemproran disinfektan yang mana hal serupa juga dilakukan di banyak negara, kemudian mendidik masyarakat itu sendiri melakukan upaya pencegahan dengan rajin mencuci tangan dan jaga jarak, serta membagikan paket PHBS kepada mereka dan juga paket sembako,” tambah JK.

Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Luhut Binsar Panjaitan sebagai salah satu pihak yang ditugaskan Presiden selaku kordinator penanganan Covid-19 memberikan apresiasi atas upaya Palang Merah Indonesia (PMI) dalam memerangi Covid-19 selama 8 bulan ini.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada PMI yang sigap dan cepat dan bergerak massif untuk menangani penyebaran Covid-19 ini sejak awal Covid masuk ke Indonesia,” ujar Luhut.

Pada kesempatan itu pula, Luhut diberi kehormatan untuk melepas armada penyemprot disinfektan PMI  yaitu 45 Gunner yang akan melakukan penyemprotan di jalan jalan utama jabodetabek, 200 mini van serta 160 kendaraan roda 3, dan 1000 prayer Gendong yang dapat melakukan penyemprotan disinfektan di gang serta jalan jalan sempit yang ada di wilayah Jabodetabek. (Mus)