Lebih Baik Beli HP Secara Kredit Dibandingkan Tunai, Ini Alasannya

ADM • Tuesday, 1 Sep 2020 - 09:45 WIB

Manusia kini erat sekali dengan yang namanya smartphone sebagai sumber komunikasi, hiburan, pekerjaan, hingga mencari informasi. Dari tahun ke tahun, spesifikasi ponsel pintar memang semakin canggih. Ada yang khusus bermain game, ada yang bisa memenuhi kebutuhan pekerja profesional, ada yang kameranya canggih hingga photographer tidak perlu membutuhkan kameranya untuk mendapatkan foto yang cantik.

Spesifikasi yang tinggi inilah yang membuat harga smartphone melambung tinggi. Contohnya iPhone 11 yang memiliki 3 kamera dibanderol dengan harga Rp13,5 juta, Samsung Note 20 Ultra yang bisa memudahkan kegiatan para pekerja profesional, dibanderol dengan harga Rp17,8 juta.

Namun, kecanggihan teknologi ini juga sejalan dengan kecanggihan cara pembayaran barang tersebut. Sebab, sekarang sudah ada kredivo yang memiliki layanan kredit HP tanpa uang muka secara online yang bisa Anda manfaatkan untuk membeli HP incaran untuk mendukung kebutuhan kerja Anda di era digital seperti sekarang.

Memang apa saja keuntungan jika Anda membeli HP secara kredit? Mari simak ulasan berikut.

1. Tidak Perlu Menguras Tabungan
Jika Anda ingin membeli HP dengan harga tinggi secara tunai, hitung kembali berapa tabungan yang saat ini Anda punya dan kurangi dengan HP yang Anda incar. Misalnya, tabungan Anda saat ini berjumlah Rp 10 juta, lalu kamu menginginkan iPhone X, dengan kisaran harga Rp7 jutaan. Jika dikurangi, tabungan Anda hanya tersisa Rp3 juta. Apakah tabungan tersebut cukup untuk digunakan saat ada keperluan mendesak? Kalau tidak,kredit HP tanpa uang muka bisa menjadi pilihan bijak.

Misalnya Anda ingin membeli HP dengan harga Rp7 juta, lalu mengambil kredit HP tanpa uang muka dengan tenor 12 bulan, maka setiap bulannya Anda hanya membayar Rp585 ribu, belum termasuk bunga. Terlihat lebih ringan kan dibandingkan Anda harus membayar Rp 8,5 juta rupiah dalam satu waktu, bukan? Supaya cicilan makin ringan, pilih perusahaan pemberi fasilitas kredit HP tanpa uang muka yang bunganya ringan seperti Kredivo. Anda bisa memilih cicilan dengan tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga paling ringan di kelasnya, yaitu sebesar 2,95% per bulan.

2. Menjaga Kelancaran Cash Flow
Tidak hanya meringankan pembayaran, Anda juga bisa lebih leluasa mengatur arus keuangan sesuai dengan pos-pos pengeluaran yang semestinya. Anda bisa memasukkan jumlah cicilan kredit barang yang dibeli dan bunga tetap yang harus dibayar per bulannya ke dalam pos pengeluaran. Dengan begitu, kondisi keuangan akan lebih sehat dan terkontrol. Jangan sampai ketika beli barang secara tunai, lalu kebutuhan lain terbengkalai dan membuat kehidupan sehari-harimu jadi terhambat.

3. Menguntungkan jika Digunakan untuk Hal Produktif
Jika Anda membeli barang dengan harga yang tinggi, harus didukung dengan kebutuhan yang tinggi juga. Sebab, jika Anda berniat untuk membeli smartphone dengan harga tinggi namun keunggulannya tidak membantu Anda dalam melakukan kegiatan apapun, pembelian Anda digolongkan menjadi hal yang konsumtif.

Namun, jika Anda membeli HP untuk menunjang kebutuhan pekerjaan hingga bisa menambah pendapatan Anda, artinya cicilan yang diajukannya digunakan sebagai hal produktif. Kalau Anda berniat seperti ini, maka bertambah lagi satu alasan kenapa memanfaatkan kredit HP tanpa uang muka bisa lebih menguntungkan dibandingkan tunai.

4. Membantu Membentuk Skor Kredit yang Positif
Tahukah Anda, jika skor kredit itu sangat berguna jika Anda berencana untuk meminjam dana tunai di masa depan? Alasannya, skor kredit merupakan salah satu instrumen penting yang akan menjadi penilaian kreditur dalam meninjau permohonan pinjaman Anda adalah skor kredit. Saat Anda mengajukan kredit, pihak bank atau perusahaan multi finansial akan menentukan kelayakan Anda dalam mendapat pinjaman.

Dalam skor kredit, terdapat poin-poin penting mulai dari semua histori transaksi kredit, jumlah kredit yang dimiliki, hingga kelancaran Anda dalam membayar angsuran kredit. Oleh karena itu, jika Anda berniat membangun skor kredit yang positif, mulailah dari sekarang. Salah satu caranya dengan membayar kredit HP tanpa uang muka ini dengan tepat waktu. Seiring berjalannya waktu, skor kredit Anda tentu akan meningkat dan menjadi positif.

 

Sumber: SINDOnews.com