Menristek/Kepala BRIN Hadiri Penyerahan Alkes Donasi Tanoto Foundation

Mus • Wednesday, 19 Aug 2020 - 08:37 WIB

Jakarta – Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menghadiri penyerahan Donasi Alat Kesehatan  dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP) sebagai bagian dari Tanoto Foundation kepada BNPB di Graha BNPB, Selasa (18/8).

Alat kesehatan tersebut berupa PCR Test Kit buatan BPPT dengan rekan industri Bio Farma. Menteri Bambang sangat mengapresiasi bentuk kerja sama ini, karena merealisasikan hilirisasi produk inovasi sehingga dapat diterima manfaatnya oleh masyarakat.

"Saya sangat mengapresiasi kerja sama seperti ini, yang merealisasikan hilirisasi produk inovasi dalam negeri hingga sampai ke masyarakat. Perwujudan triple helix antara pemerintah, peneliti, dan industri/swasta seperti inilah yang harus terus kita dorong dan upayakan. Harapannya akan semakin banyak inovasi karya anak bangsa yang dipergunakan untuk percepatan penanganan COVID-19," ungkap Menteri Bambang.

Presiden Direktur PT RAPP, Sihol Aritonang mengungkapkan tujuan PT RAPP adalah mendukung pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19 sehingga pandemi ini lebih cepat berakhir, masyarakat bisa hidup aman dan sehat. Ia mengungkapkan sumbangan PCR test kit merupakan keterlibatan PT RAPP yang kedua, setelah pada April lalu menyumbang alat pelindung diri untuk tenaga medis yang menjadi garda terdepan penanganan penderita COVID-19.

“Di masa seperti ini, kita membutuhkan lebih banyak alat diagnostik yang bekerja secara efektif dan efisien dalam pengujian penyakit. Kita tidak ingin kehilangan waktu untuk penanganan dan isolasi penderita karena kurangnya alat diagnostik. Untuk itu, kami mengambil langkah konkret dengan menyumbangkan PCR test kits hasil karya anak bangsa kepada BNPB,” tutur Sihol.

Satrijo Tanudjojo, Global CEO Tanoto Foundation mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada Tanoto Foundation bisa terlibat langsung mendukung pemerintah dalam memerangi COVID-19. Ia mengungkapkan dukungan ini merupakan apresiasi Tanoto Foundation terhadap riset dan inovasi anak bangsa yang telah menciptakan produk pengujian PCR ini.

“Riset dan inovasi untuk di masa ini punya peran yang tak kalah penting dari penanganan penderita itu sendiri. Inovasi dan riset medis sejalan dengan program Tanoto Foundation di mana kami mendukung terciptanya terobosan baru dalam medis untuk untuk meningkatkan usia hidup sehat dan memperbaiki kualitas hidup masyarakat,” terang Satrijo.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan BNPB menerima 10.200 unit PCR Test Kit lengkap dengan Viral Nucleic Acid Extraction Kit dan Viral Transport Medium.

“Ketiga komponen tersebut sangat membantu untuk mengidentifikasi secara cepat kasus COVID-19. Ketiga komponen tersebut memiliki kegunaan yang saling berkaitan,” jelas Doni.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilakukan oleh Presiden Direktur PT RAPP Sihol Aritonang dan Kepala BNPB Doni Monardo.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Kepala Pusat Pelayanan Teknologi (Pusyantek-BPPT), Yenni Bakhtiar; Direktur Pemasaran, Penelitian, dan Pengembangan Bio Farma Harsi Teteki; serta Perwakilan dari Bio Farma; serta perwakilan dari Tanoto Foundation/RAPP. (Mus)