Bamsoet Dorong Semua Komunitas Pemukiman Patuhi Protokol Kesehatan

AKM • Monday, 10 Aug 2020 - 11:49 WIB

Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak semua komunitas pemukiman bersinergi dengan aparatur negara untuk melaksanakan dan mengawasi kepatuhan warganya dalam menetapkan protokol kesehatan. Jika setiap komunitas pada tingkat RT/RW peduli dan berpartisipasi menerapkan protokol kesehatan, maka upaya memutus rantai penularan Covid-19 akan berhasil. 

"Saya mendorong setiap pemerintah daerah untuk turun ke setiap pemukiman dan mengajak warga melaksanakan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan. Karena kesadaran dan peran masyarakat menjadi faktor kunci keberhasilan kita memerangi Covid-19,’’ ujar Bamsoet di Jakarta, Senin (10/8/20).

Mantan Ketua DPR RI menegaskan lonjakan kasus Covid-19 belakangan ini tidak bisa dibiarkan. Berbagai upaya pemerintah untuk meredam dan memutus rantai penularan Covid-19, termasuk pelibatan TNI, perlu didukung penuh. Semisal, pembentukan Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Komite Pemulihan Ekonomi Nasional yang ditindaklanjuti Presiden Joko Widodo dengan menugaskan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Wakil Ketua Pelaksana kedua komite itu. 

"Selain itu, sebagai tindak lanjut dari Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pun telah mengerahkan Babinsa dari tiga matra untuk menegakan penerapan protokol kesehatan," urai Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menilai kebijakan tersebut menunjukan kesungguhan dan kerja keras pemerintah merespons ketidakpastian akibat pandemi Covid-19. Dengan berbagai cara dan pendekatan, kesehatan masyarakat harus dilindungi dari ancaman Covid-19. Di saat bersamaan pun perekonomian masyarakat harus dikelola sedemikian rupa agar tidak terjerumus ke dalam krisis. Dua tujuan strategis ini bisa terwujud jika masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

"Karenanya, kepedulian setiap komunitas pada semua pemukiman sangat penting dan menentukan. Akan sangat ideal jika setiap pemerintah daerah tidak lagi hanya menerbitkan kebijakan atau instruksi, melainkan lebih mengedepankan ajakan bekerjasama dengan setiap pengurus RT/RW dalam penerapan dan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan," pungkas Bamsoet. (AKM)