Gowes Sehat dan Aman, ala Saleh Husin

Mus • Friday, 17 Jul 2020 - 18:59 WIB

Jakarta - Olahraga dengan sepeda kembali populer di saat pandemi. Bahkan begitu populernya, harga sepeda pun jadi melambung tinggi sekarang ini.

Namun sayangnya, tak sedikit mereka yang sepedaan hanya ikut-ikutan tren saja. Yang penting kumpul, keliling, ngobrol lanjut kulineran.

Apalagi banyak kejadian, mereka yang meninggal atau sakit usai sepedeaan. Seperti yang terjadi pada Hadi Mustofa Djuraid, mantan stafsus Menteri ESDM, Ignasius Jonan yang meninggal mendadak saat sedang gowes.

Mantan Menteri Perindustrian, Saleh Husin yang dikenal rajin olahraga lari dan sepeda mengatakan tren sepeda saat pandemi sebagai hal yang positif apapun alasannya.

Namun, dia mengingatkan, mereka yang gowes harus tetap mematuhi aturan dan dilakukan dengan cara yang benar.

"Sepedaan di saat pandemi untuk olahraga atau untuk kumpul sambil kulineran silakan saja asal dilakukan dengan benar dan tetap patuhi protokol kesehatan," ujar Saleh Husin yang juga Ketua MWA UI ini.

Menurutnya sepedaan, lari atau apapun olahraganya jangan dilakukan secara berlebihan. Harus bisa mengukur kemampuan dan keseimbangan kondisi tubuh kita.

Berikut tips gowes sehat dan aman ala Saleh Husin:

Sebelum gowes pastikan kondisi sepeda dalam keadaan prima. Rem, ban, rantai dan lainnya.

Kenakan baju yang menyerap keringat, helm, kacamata, sarung tangan yang pas.

Siapkan tas kecil untuk air minum, handuk kecil, hp dan kebutuhan lain.

Karena sekarang sedang pandemi, selalu membawa masker dan handsanitizer. Gunakan masker jika wilayah yang kita lalui zona merah. Pastikan masker yang digunakan sesuai standar. Tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat sehingga menyulitkan kita bernafas.

Kalau gowes bersama jangan bergerombol ke tengah jalan, tapi lurus seperti berbaris dengan jaga jarak aman.

Disarankan tidak sepadaan sendirian apalagi untuk jarak yang jauh. Kecuali kalau hanya di sekitar kompleks.

Pastikan pemanasan kecil sebelum keluar rumah dan minum air putih dan santap makanan kecil seperti biskuit atau pisang supaya perut tidak terlalu kosong sekaligus menambah tenaga.

Yuk gowes guys, yang sehat dan aman..