Masa Transisi PSBB, CFD Jakarta Masih Diliburkan

FAZ • Sunday, 7 Jun 2020 - 08:01 WIB

JAKARTA - Car Free Day (CFD) di DKI Jakarta masih belum ditiadakan untuk hari ini meskipun dalam status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi terkait penanganan Covid-19 atau virus corona.

"HBKB atau CFD (Hari Bebas Kendaraan Bermotor) belum dilaksanakan di wilayah DKI Jakarta," cuit akun twitter @DishubDKI_JKT sebagaimana dilansir mnctrijaya.com Jakarta, Sabtu (6/6/2020).

Hari bebas kendaraan di kawasan Bunderan Hotel Indonesia (HI) dan sekitar, yang biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk berolahraga itu masih ditutup hingga waktu yang tidak ditentukan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan secara resmi memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Anies juga telah menetapkan bulan Juni sebagai PSBB masa transisi.

Menurut paparan Anies pada 4 Juni 2020, PSBB kali ini adalah periode transisi dari masa pembatasan menuju kembalinya kegiatan sosial ekonomi yang memberi manfaat bagi masyarakat luas.

Pada masa transisi ini, beberapa kegiatan sosial ekonomi mulai dibuka secara bertahap dengan batasan dan protokol kesehatan Covid-19. Dalam fase ini, diharapkan juga menjadi periode baru untuk pembiasan terhadap pola hidup sehat dan aman sesuai protokol Covid-19.

Bulan Juni menjadi fase pertama. Beberapa tempat akan mulai dilonggarkan seperti perkantoran, rumah ibadah, tempat rekreasi dan pusat perbelanjaan.

"Dalam masa transisi ini, segala peraturan mengenai sanksi terhadap pelanggaran pembatasan juga masih terus berlaku dan akan terus ditegakkan. Mulai dari pelanggaran kegiatan usaha dan kegiatan kemasyarakatan yang tidak dikecualikan, hingga pelanggaran kewajiban penggunaan masker oleh warga," ucap Anies.