Hardiknas Ditengah Covid-19, Anies Ingatkan Pentingnya Pendidikan di Tengah Pandemi Corona

FAZ • Monday, 4 May 2020 - 13:40 WIB

JAKARTA - Peringatan hari pendidikan nasional (Hardiknas) digelar secara online oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penularan pandemi virus Corona atau Covid-19.

Gubernur DKi Jakarta Anies Baswedan mengatakan nikmat kesehatan pada masa-masa ini harus disyukuri. Dia berharap semua pihak terkait bisa terus melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh.

"Alhamdulilah nikmat sehat kita rasakan, insyallah ini jadi sebuah peringatan yang berikan hikmat bagi kita semua," kata Anies melalui siaran online, Senin (4/5/2020).

Anies meminta jajarannya untuk berinovasi meski pendidikan dilakukan secara jarak jauh. Dia meminta semua pihak melakukan banyak inovasi.

"Sebagiaan anggap ini sebagai sesuatu ang ringan. Karena itu betapa pendidikan penting sekali. Betaoa pendidikan bukan soal angka dalam prestasi ujian tapi pendidikan adalah penumbuhan karakter," kata Anies.

Dia juga meminta dalam peringatan Hardiknas ini, agar semua pihak membaca karya Ki Hajar Dewantara. Hal itu dinilai penting sebagai cara refleksi terhadap pendisikan di Indonesia.

" Pendidikan adalah kemampuan untuk mewujudkan perilaku hidup ang baik, pribadi yang berkarakter," katanya.

Selain itu, Anies meminta semua guru untuk mengikuti perkembangan teknologi. Hal itu diperlukan agar bisa tetap mengajat secara normal meski dipisahkan jarak yang jauh.

"Pendidik yang selama ini tidak akrab dengan tekonologi karena semuanya serba berinteraksi langsung. Mulai sekarang manfaatkan ini untuk belajar secara lengkap. Proses belajar mengajar pun membutuhkan teknik-teknik yang agak berbeda sehingga tetap menarik , menyenangkan , peserta didik yang terlibat dalam proses belajar jarak jauh, " katanya.