Ratusan Penumpang dan Petugas KRL Lakukan Swab Test di Stasiun Bogor

FAZ • Monday, 27 Apr 2020 - 10:46 WIB

BOGOR – Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat bersama Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jawa Barat, dan PT KAI menggelar tes swab massal di Stasiun Bogor, Kota Bogor, Senin (27/4/2020).

Kepala Bidang Perkeretaapian Dinas Perhubungan Jawa Barat Iskandar mengatakan tes swab massal yang diikuti 350 orang ini dilakukan untuk mendeteksi penyebaran virus corona dalam angkutan KRL.

"Hari ini swab test massal 350 orang. Kita harapkan tes ini dapat menggambarkan kondisi penumpang KRL yang ada," kata Iskandar, kepada wartawan.

Menurutnya, hal ini sangat diperlukan untuk mengingat tingkat risiko penyebaran virus corona dalam moda transportasi KRL Commuter cukup tinggi baik terhadap penumpang maupun petugas.

"Kalau ada yang positif kami lakukan penanganan lebih lanjut karena pemetaan KRL ini sangat diperlukan. Hasilnya akan keluar dalam 3-4 hari ke depan dari Labkesda Jawa Barat," ucapnya.

Sementara itu, Divisi Pelacakan Kontak dan Deteksi Dini Gugus Tugas Covid-19 Jawa Barat, Dedi Mulyadi, mengatakan 350 tes swab ini terbagi dua kategori yakni untuk penumpang dan petugas KRL.

"300 sampling penumpang dan 50 untuk petugas yang berhubungan dengan penumpang kereta seperti masinis dan petugas lainnya," ucap Dedi.

Kemudian, untuk sampling penumpang kembali dibagi dua kategori yakni 200 tes swab untuk 50 tahun ke atas yang berisiko lebih tinggi terpapar virus corona dan sisanya di bawah usia tersebut.

"Karena kita tidak punya data awal makanya kita sampling berdasarkan usia yang mempunyai risiko tinggi jadi kurang lebih dari 300 kita ambil 50 tahun ke atas kurang lebih 200 orang," ucapnya.

Hasil tes swab nanti diberikan langsung ke penumpang melalui nomor handphone yang telah ditulis sebelumnya pada formulir.

"Hasilnya dari masyarakat yang tadi di swab kita berikan melalui perorangan melalui nomor handphone. Khusus positif kita komunikasikan dengan Dinkes Bogor untuk dilakukan treatmen berikutnya," tuturnya. (okezone.com)

(FAZ)