Sempat Tidak Boleh Mendarat, Jamaah Umrah Palembang Diperbolehkan Masuk Madinah

• Friday, 28 Feb 2020 - 10:03 WIB
Keadaan dalam pesawat Lion Air JT112 yang mengangkut Jamaah Umrah saat mendarat di Jeddah Arab Saudi. (Ist)

PALEMBANG - Ratusan jamaah umrah dari Sumatera Selatan, Batam dan Bangka yang berangkat menggunakan maskapai Lion Air JT 112 dari Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, Kamis (27/2/2020 kemarin, diperbolehkan melakukan ibadah umrah.
Menurut Tour Leader Karoma Bait Al-Ansor, Yuliana, pihaknya memberangkatkan 291 jamaah umrah yang menumpangi Lion Air JT 112 kemarin. Sempat terjadi ketegangan di dalam pesawat sebelum mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Madinah.

Ketegangan itu terjadi karena ratusan jamaah umrah ini dilarang untuk memasuki Madinah oleh Pemerintah Saudi Arabia. Pesawat Lion Air JT 112 juga dilarang untuk mendarat ke Bandara King Abdul Aziz sebelum ada keputusan dari pihak Pemerintah setempat.

"Diminta tunggu selama 15 menit ke depan karena pihak KBRI dan Pemerintah Arab Saudi khususnya Airport King Abdul Aziz sedang berdialog, apakah boleh melanjutkan perjalanan menuju Jeddah atau harus putar balik ke Bandara Sultan Mahmud Badarudin II," kata Yuliana, Jumat (28/2/2020).

"Setelah 15 Menit, pilot memberi kabar, Alhamdulillah Lion Air JT 112 boleh lanjut untuk landing Jeddah. Jamaah di Bandara King Abdul Aziz juga sudah lolos pemeriksaan Imigrasi Jeddah sekarang sudah melanjutkan perjalanan ke Madinah," lanjut Yuliana.

Diketahui, pemerintah Arab Saudi melarang sementara jamaah ataupun wisawatan dari sejumlah negara menyusul merebaknya kasus korona termasuk pelarangan terhadap jamaah umrah asal Indonesia.

(nag)

( Sumber : Sindonews.com )