Gara-Gara Lupa Matikan Kompor, Rumah di Denpasar Hangus Terbakar

• Tuesday, 4 Feb 2020 - 14:34 WIB
Kebakaran rumah di Denpasar Barat, Bali. (Foto: Edi/Balipost)

DENPASAR – Kepanikan sempat terjadi pada sekira pukul 08.00 Wita, Selasa 4 Februari 2020, di Jalan Cemara VI/127, Blok 10, Perumnas Monang Maning, Banjar Sapta Bumi, Desa Tegal Harum, Kecamatan Denpasar Barat, Bali. Pasalnya, rumah empat kamar milik I Ketut Sukasih (68) tiba-tiba mengalami kebakaran yang cukup besar.

Kebakaran diduga akibat penghuni lupa mematikan kompor usai memasak. Salah seorang warga yang ditemui di sekitar lokasi menuturkan, saat itu di dalam rumah hanya ada Ketut Sukasih.

Ia mengatakan, sebelumnya Sukasih sempat melakukan aktivitas memasak di dapur. Setelah itu Sukasih keluar rumah untuk membersihkan rumput di taman bunga depan pagar rumah.

Diduga saat keluar, kompor ditinggal dalam kondisi masih menyala. Dirinya baru sadar ketika ada warga sekitar teriak kalau di atap rumahnya ada kepulan asap. Setelah itu baru dia tersadar lupa mematikan kompor di dapurnya.

Warga yang mengetahui kebakaran ini ikut memberi pertolongan. Namun, warga hanya bisa menyelamatkan sebuah mobil dan dua motor yang diparkir di garasi.

Ditemui di lokasi kejadian, Kepala Dusun Banjar Cemara Agung Putu Galung Astika mengatakan saat dirinya bersama warga lain tiba di lokasi, api dari ruang tamu sudah membesar. Dengan cepat api menjalar ke tiga ruangan lainnya.

Ia menerangkan, lima unit mobil pemadam kebakaran cepat tiba di lokasi. Api yang menghanguskan rumah tersebut pun berhasil dijinakkan pada pukul 09.15 Wita.

"Saya tidak tahu apa penyebabnya. Saat saya tiba, api di ruangan tamu sudah sangat besar. Seisi rumah ini sebagian besar ludes," ujarnya, seperti dikutip dari Balipost, Selasa (4/2/2020).

Sementara Kanit Reskrim Polsek Denpasar Barat Iptu Aji Yoga Sekar mengatakan dugaan sementara kebakaran itu diakibat kelalaian dari pemilik rumah. Saat ditinggal keluar, kompor gas lupa dimatikan.

Ia menyebut tidak ada korban jiwa dalan kejadian tersebut. Namun sebagian besar isi rumah habis terbakar.

(han)

(Sumber : Okezone.com)