Profesional Pariwisata ASEAN Kian Mudah Bekerja Lintas Negara

• Friday, 17 Jan 2020 - 15:33 WIB
Para menteri dan wakil menteri pariwisata se-ASEAN berfoto bersama Putra Mahkota Brunei Pangeran Haji Al-Muhtadee Billah (kemeja hijau) dalam ATF 2020 di Bandar Seri Begawan. Foto/Koran SINDO/Armydian Kurniawan

BANDAR SERI BEGAWAN - Para menteri dan wakil menteri pariwisata telah menandatangani kesepakatan amendemen ASEAN Mutual Recognition Arrangement on Tourism Professional (MRA-TP).

Dengan amendemen ini, sekarang para profesional di bidang pariwisata yang telah tersertifikasi kian mudah bekerja lintas negara bahkan di luar ASEAN.

"Hal ini dapat memicu peningkatan daya saing di sektor pariwisata," kata Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN Aladdin D Rillo di Bandar Seri Begawan, Kamis (16/1/2020).

Kesepakatan dilakukan dalam sesi pertemuan tingkat menteri ASEAN Tourism Forum (ATF) 2020 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Kamis (16/1). Indonesia diwakili Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo.

Amendemen MRA-TP akan diikuti penyusunan standar kompetensi pekerja profesional bidang spa berikut pengembangan standar kurikulumnya.

Para menteri juga menyepakati perubahan sistem registrasi pekerja profesional pariwisata di ASEAN (ATPRS). Sistem baru ini diharapkan dapat lebih baik lagi memfasilitasi pendataan para profesional kepariwisataan dan para pemangku kepentingan terkait.

"Idealnya bisa menjadi platform kecocokan kerja antara pekerja profesional dan industri kepariwisataan di seluruh ASEAN," harap Menteri Pariwisata Malaysia Datuk Mohamaddin Ketapi.

Masih terkait ketenagakerjaan, ATF 2020 juga mendorong semua pemangku kepentingan sektor pariwisata ASEAN agar terlibat aktif dalam lokakarya regional di Myanmar pada Maret 2020 mendatang. Agenda utamanya adalah untuk memfinalisasi jabatan dan kompetensi para profesional sektor kepariwisataan.

"Kita semua menunggu lengkapnya penyusunan kurikulum dan standar kompetensi profesional untuk MICE dan event yang terdiri atas 32 jabatan," ungkap Menteri Pariwisata Kamboja Thong Khon yang menjadi vice chairman ATF 2020.

(ind)

 

( Sumber : Sindonews.com)