Ini Kata Siswa SMA Budhi Warman I usai Tryout Online Ruangguru

• Tuesday, 7 Jan 2020 - 15:40 WIB
Ruangguru menggelar Tryout online di SMA Budhi Warman 1, Senin (6/1/2019). (Foto: ist)

JAKARTA - Aplikasi belajar online terkemuka Ruangguru menggelar tes/ujian percobaan (tryout) online serentak di sembilan sekolah di Jakarta. Ujian yang digelar Senin, Januari 2020 itu, ditujukan bagi siswa SD hingga SMA.

Ada dua mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia dan Matematika. Mata pelajaran pertama dimulai pukul 7.30 WIB dan dan kedua pada pukul 10.00 WIB. Salah satu sekolah yang menggelar tryout online dari Ruangguru adalah SMA Budhi Warman I.

Para siswa terlihat serius mengerjakan ujian yang diujikan melalui gawai pintar masing-masing. Beberapa di antaranya bahkan mengaku cukup kesulitan menjawab soal tersebut, salah satunya Yudha Fadhillah.

Siswa kelas 12 IPA 3 ini merasa soal tryout cukup sulit karena beberapa faktor, seperti persiapan yang kurang matang dan beberapa kosa kata yang sukar dimengerti. Namun dia mengaku senang tryout kali ini karena bisa menambah wawasan dan menjadi persiapannya untuk mengerjakan UNBK nanti.

"Hari ini bener-bener wow banget karena baru masuk sekolah langsung udah ada TO dari Ruangguru. Pas baca dari grup, berita ada di grup, dari wali kelas. Benar-benar kaget karena pertama kali masuk langsung ada TO," katanya.

    Ruangguru menggelar Tryout online di SMA Budhi Warman 1, Senin (6/1/2019). (Foto: ist)

Yudha cukup senang dengan adanya kegiatan ini karena merasa terbantu dengan banyaknya latihan soal yang didapat sebelum mengerjakan UNBK sesungguhnya. "Manfaatnya kita makin banyak mengerjakan soal, makin mudah buat mengerjakan soal di UNBK nanti karena makin banyak kita kerjakan soal, makin terbiasa di UNBK agar tidak tegang di sananya," ujarnya.

Senada dengan Yudha, Husnul Khotimah Wulandari mengaku kaget dengan ujian kali ini yang dilaksanakan setelah libur tengah semester. "Pertama kita baru masuk jadi lupa tentang pelajaran kemarin. Masalahnya soal tryout juga agak sedikit susah karena liburan banyak, jadi enggak sempat buka-buka (buku)," katanya.

Akbar Firmansyah, rekan satu kelas keduanya di 12 IPA 3 mengungkapkan, kehadiran Ruangguru amat membantu proses belajarnya dalam menghadapi ujian. Selain mengikuti tryout online gratis dari Ruangguru, ternyata dia juga berlangganan aplikasi yang telah berekspansi ke Vietnam itu.

"Kesan pesannya bagus, membantu banget, sebenernya enggak ada kekurangnnya, kalau saya lihat juga bagus sih. Nilainya lebih bagus, dari sebelumnya sudah bagus tapi ada peningkatan, alhamdulillah. Tergantung pemakaian juga kalau kita pakai secara statis saja, itu mungkin enggak berubah. Kalau tiap hari pasti membantu tapi jujur saya enggak terlalu sering karena kegiatan juga, ada banyak kegiatan non-akademis," tuturnya.

Selain sebagai persiapan ujian, Ruangguru baginya berguna untuk masa depan. Dia mengaku turut menggunakan paket belajar untuk masuk perguruan tinggi negeri ternama di Jakarta dan sekitarnya.

Salah satu Konsultan Pendidikan dari Ruangguru, Hafizh Adha yang juga menjaga ruang ujian mengaku bila tryout yang dibuat pihaknya bisa membantu siswa dan guru dalam proses belajar karena murid bisa terbantu menangkap materi yang ada. Hal ini membuat peran guru makin mudah memberikan materi pada siswanya.

"Agar lebih felksibel dan efektif, sekolah juga tidak ribet juga. Apalagi sekarang sudah menggunakan elektronik, belajar jadi lebih efektif dan tidak usah menggunakan buku dan pensil tapi bisa menggunakan gawai yang ada di genggaman," ujarnya.

SMA Budhi Warman 1 merupakan sekolah berstandar nasional yang terakreditasi A dan telah berdiri sejak 1968. Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta ini berlokasi di Jalan Raya Bogor Km. 19, Kramat Jati, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

 

Editor : Djibril Muhammad

(Sumber : inews.id)