Arya Novanda: Generasi Terbaru Musisi Blues Indonesia

Ita Kusuma • Thursday, 12 Dec 2019 - 18:57 WIB

JAKARTA - Tidak banyak musisi rock yang bermain di genre blues di tanah air. Nama-nama lama seperti Gugun & Blues Shelter serta Adrian Adioetomo hanya segelintir musisi blues yang masih eksis sampai sekarang. Kesan itu lagi itu lagi selalu jadi hal yang sama. Mungkin karena musik blues rock memang memerlukan skill yang mumpuni untuk bisa bereksplorasi terutama pada permainan lead guitar. Perpaduan rock, jazz dan funk memang bukan perkara yang mudah dalam musik blues.   

Tapi tampaknya ada satu nama baru yang patut diperhitungkan. Blues Rock Lead guitarist sekaligus vokalis yang masih sangat muda, baru menginjak usia 22 tahun, bernama Arya Novanda berani mendobrak kesan bahwa anak muda sekarang hanya peduli pada 'musik senja'. Meluncurkan single berjudul 'The Wonder', sebuah lagu yang ia ciptakan sendiri, kental dengan soul, funk bahkan R&B sekaligus dengan kombinasi blues guitar di dalamnya..

‘The Wonder’ sendiri adalah lagu yang sekaligus cerita kegelisahan Arya tentang semakin langkanya cinta di dunia saat ini. Menurutnya, saat ini yang ada hanyalah sebuah cinta yang penuh dengan kepalsuan yang dpergunakan untuk mendapatkan kepuasan, kekuasaan, dan kekuatan semata. Sementara, Arya menginginkan agar cinta yang murni bisa kembali berjaya.

Ditulis dan diproduseri oleh Arya sendiri, lagu ini punya lirik yang mendalam sekaligus pesan yang berusaha ia sampaikan pada pendengarnya. Selain itu, Arya juga merilis Lirik Video ‘The Wonder’ yang merupakan kolaborasinya bersama Tomo “Toxic Motel”. Lagu ini sudah bisa didengarkan di semua platform music digital. Saat ini, Arya juga telah menyiapkan beberapa single yang nantinya akan dia rilis, sekaligus dengan dipersiapkannya sebuah Album.

Nama Arya Novanda, disebut-sebut sebagai harapan generasi anak muda terkini untuk bisa mengembalikan trend ‘Guitar Hero’ maupun musik Blues, Rock n Roll dan Soul Music di tataran musik Indonesia. Penasaran seperti apa hasil karyanya? Bisa dilihat ditautan bawah ini. So take that guitar and keep it blues out loud! (ITK)