Gerah Kabar Miring SEA Games, Presiden Duterte Perintahkan Investigasi

Susanto • Wednesday, 27 Nov 2019 - 15:39 WIB

MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte angkat bicara menyusul berita-berita miring seputar SEA Games 2019. Ia pun memerintahkan penyidikan terkait tuduhan korupsi.

Seperti kita ketahui, sebelum pembukaan SEA Games 2019, 30 November 2019, banyak berita muncul terkait kurangnya persiapan. Dari fasilitas lapangan sepak bola yang buruk, hingga isu makanan halal. Hal itu ditengarai sebagai akibat dari korupsi dana penyelenggaraan SEA Games.

Juru bicara kepresidenan, Salvador Panelo, mengungkapkan, Duterte tidak senang begitu mendengar kabar tersebut. Ia pun memerintahkan jajarannya melakukan investigasi terkait tuduhan tersebut.

"Ada tuduhan korupsi yang muncul di surat kabar, dan dia (Presiden Duterte) tidak suka itu. Presiden ingin menginvestigasi itu, dan dia tidak menoleransi praktik korupsi," kata Panelo dikutip Philippine Star, Rabu (27/11/2019).

Dia mengatakan penyelidikan dugaan korupsi ini meliputi semua aspek penyelenggara, termasuk Ketua DPR, Komite Penyelenggara SEA Games (PHISGOC) Alan Cayetano, dan pejabat terkait.

Sekadar informasi, Singapura menjadi negara yang cukup vokal melempar kritik pada Filipina terkait SEA Games 2019. Mereka bahkan dikabarkan membeli sendiri makanan dari luar karena menganggap makanan dari Filipina tidak halal.

(sha)