Gandeng Media, Pemprov Jatim Optimalkan Desa Wisata

• Wednesday, 27 Nov 2019 - 11:00 WIB

Surabaya - Pemprov Jawa Timur serius menggarap Desa Wisata menjadi sektor pariwisata baru yang menjanjikan. Salah satu upaya tersebut dengan menggandeng media dan mengenalkan desa-desa wisata yang banyak bermunculan di Jawa Timur.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Aries Agung Paewai mengatakan potensi desa wisata di Jawa Timur sangat beragam  dan banyak. Potret keberagaman desa-desa wisata akan melambung dan dikenal jika ada keterlibatan media dalam sosialisasinya.

Dengan demikian desa wisata yang bersangkutan bisa menjadi penghasil pendapatan daerah sektor pariwisata dan juga menjadi lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

"Sangat efektif melibatkan media dalam program pengembangan kepariwisataan khususnya desa-desa wisata yang saat ini tengah menjadi trend baru di pasar pariwisata Indonesia," ujar Putra Sulsel yang menjadi pejabat termuda di Propinsi Jawa Timur ini.

Desa wisata yang akan dikenalkan Pemprov Jatim kepada media adalah Desa Boonpring yang berada di Jalan Kampung Anyar, Desa Sanankerto Kecamatan Turen  Malang. Obyek wisata ini berada di sisi selatan dan berjarak 40 km dari pusat Kota Malang. Desa wisata ini dulunya merupakan hutan bambu. Aktivitas warga yang menjadikan bambu sebagai bagian untuk kehidupan seperti membuat rumah, kayu bakar menjadikan hutan bambu ini rusak. Dan baru pada tahun 1978 dilakukan konservasi terhadap hutan bambu Desa Sanankerto tersebut.

Tidak hanya mengembalikan fungsi hutan, masyarakat juga membuat embung atau telaga sebagai mata air untuk kehidupan mereka. Dan sampai saat ini perpaduan hutan bambu dan telaga ini menjadi obyek wisata andalan yang kemudian dinamakan Desan Boonpring. Sejauh ini Desa Wisata Boonpring memang belum setenar obyek wisata lain di Malang dan Batu, ataupun deretan pantai-pantai indah di wilayah Kabupaten Malang.

Aries Agung Paewai berharap, di tangan para jurnalis, popularitas Desa Wisata Boonpring akan makin dikenal dan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yang konsen dalam pengembangan pariwisata desa.

"Saya percaya bahwa teman-teman Jurnalis akan mampu meramu tulisan yang menarik seputar Desa Wisata Boonpring sehingga makin dikenal. Tidak hanya di dalam negeri tapi insya Allah bisa sampai luar negeri. Mengingat banyak wisatawan manca negara yang senang berkunjung di Jatim. Siapa tahu mereka mampir ke Desa yang indah dan asri ini," pungkas  Alumni STPDN angkatan 07 tersebut. (Hermawan)