Hari Persahabatan, KBRI Tokyo Layani WNI di Prefektur Paling Utara Jepang

RED • Tuesday, 9 Jul 2024 - 23:28 WIB

Tokyo - Wakil Duta Besar Republik Indonesia Maria Renata Hutagalung menekankan pentingnya tertib administrasi kependudukan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) di Jepang. Hal itu disampaikan dalam penyelenggaraan Indonesia - Japan Friendship Day (IJFD) di Sapporo, Hokkaido pada 5-6 Juli 2024. Prefektur Hokkaido berada di wilayah paling utara Jepang.

”Jumlah WNI di Hokkaido terdata 4.289 jiwa pada Juni 2023 dan diperkirakan alami kenaikan pada 2024. Jarak Hokkaido memang jauh dari Tokyo, namun kami tetap berupaya hadir memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan WNI kita tertib administrasi kependudukan,”  terang Wakil Dubes Maria Renata Hutagalung didampingi Minister Counsellor Politik Ali Andika Wardhana, Sekretaris Kedua Fungsi Protokol dan Konsuler Ni Kadek Yuni Ernawati, Atase Imigrasi Arya Prahana Anggakara, dan Atase Keuangan Leni Nurlaeni.

Dalam kunjungan ini, Wakil Dubes Renata juga melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Hokkaido Mitsuhashi Tsuyoshi dan menyepakati pentingnya penguatan kerja sama ketenagakerjaan dan pariwisata antara Indonesia dan Prefektur Hokkaido. 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dubes Renata bertemu dengan Wakil Wali Kota Sapporo Machida Takatoshi. Wali Kota Sapporo menyampaikan ucapan terima kasih pada pemerintah Indonesia karena telah mengirimkan orang utan betina yang saat ini menjadi primadona di kebun binatang Maruyama.

Dalam pertemuannya dengan Konsul Kehormatan RI Sapporo Nakayama Shigeru, Wakil Dubes Renata membahas pesatnya peningkatan jumlah WNI di Hokkaido baik para pelajar maupun para pekerja. Keduanya sependapat bahwa keberadaan kantong-kantong komunitas informal di daerah sangat penting sebagai wadah komunikasi dan penguatan hubungan antara masyarakat kedua bangsa.

KBRI Tokyo dalam IJFD ini memberikan pelayanan bagi 148 orang WNI yang melakukan penggantian paspor, konsultasi pernikahan, pelaporan kelahiran, ketenagakerjaan, surat keterangan pindah, kepabeanan, serta lapor diri.