Minat Polimedia Naik Dua Kali Lipat

ANP • Tuesday, 9 Jul 2024 - 18:45 WIB

Jakarta - Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) menunjukkan peningkatan pada peminatan di Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) baik jalur prestasi dan jalur tes. Pada jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Tahun 2024, Polimedia diminati sebanyak 2.647 calon mahasiswa dengan peningkatan sebesar 1,9 kali lipat atau 1.222 calon mahasiswa dibanding tahun 2023. Selaras dengan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) diminati 4.709 calon mahasiswa dengan peningkatan hingga 2,7 kali lipat atau 2.961 calon mahasiswa disbanding tahun 2023.

“Terdapat peningkatan peminatan yang signifikan yakni 2 kali lipat dari tahun 2023 ke 2024 pada jalur SNPMB saat ini” jelas Direktur Polimedia, Tipri Rose Kartika saat berbincang dengan wartawan.

Peningkatan ini menunjukkan bahwa pilihan program studi di Polimedia semakin dilirik oleh calon siswa baik dari SMA, SMK, maupun MA. Salah satu program studi yang mengalami peningkatan cukup tinggi ada di Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pengemasan yang sebelumnya masih di jenjang D3. Selain itu juga peningkatan peminat pada D3 Fotografi juga mengalami peningkatan 8 kali lipat sejak sempat menurun pada tahun lalu.

“Beberapa prodi mengalami peningkatan yang sangat baik tahun ini, bahkan jalur SNBT kemarin, Polimedia termasuk 15 Politeknik dengan jumlah pendaftar terbanyak” jelas Tipri. 

Selain itu, Polimedia juga termasuk 12 besar perguruan tinggi vokasi yang memiliki pendaftar dengan rerata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi dengan rata nilai 524,3. Capain ini menunjukkan bahwa kualitas pendaftar di Polimedia dapat mendukung lulusan yang terbaik pula nantinya.

“Input calon mahasiswa yang baik akan mengakselerasi kompetensi lulusan yang semakin baik juga” ucap Tipri.

Berdasarkan rekapitulasi peminatan di SNPMB tiga tertinggi diminati yakni D4 Teknologi Rekayasa Multimedia sebanyak 733 peminat, D3 Penyiaran sebanyak 529 peminat, dan  D4 Produksi Film dan TV sebanyak 478 peminat.

*Capaian Semester I*
Sejak awal tahun sampai dengan akhir Juni 2024, Polimedia memiliki capaian dari beberapa program dari kementerian. Pada program Indonesian International Student Mobility Awards for Vocational (IISMAVO) tahun ini memberangkatkan 21 mahasiswa untuk melakukan studinya di luar negeri selama 1 semester. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 5 mahasiswa dari sebelumnya memberangkatkan 16 mahasiswa. 

“Alhamdulillah tahun ini Polimedia memberangkatkan 21 mahasiswa ke 15 kampus terbaik di 10 negara” jelas Tipri.

Pada program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) terdapat 103 mahasiswa melaksanakan perkuliahannya di industri. Sedangkan yang mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), terdapat 18 tim lolos atau sebanyak 84 mahasiswa dengan total pembiayaan 119 juta rupiah. 

“Selain program untuk mahasiswa, Polimedia juga berkesempatan mengikuti program Praktisi Mengajar, Batch 4 ini terdapat 53 praktisi dari berbagai industri berbagi ilmu dan pengalamannya disini” kata Tipri.

Selain capaian tersebut, Polimedia juga menorehkan pretasi dibidang non-akademik sebanyak 29 prestasi tingkat nasional dan 7 prestasi tingkat internasional. Jumlah capaian ini akan terus ditingkatkan sehingga semakin meningkatkan citra positif bagi Polimedia. 

Polimedia hadir menjadi perguruan tinggi vokasi yang berorientasi pada industri kreatif. Memiliki 23 program studi yang tersebar di Kampus Jakarta, Medan, dan Makassar, Polimedia terus melahirkan lulusan terbaik. Mengedepankan project based learning menghasilkan sumber daya manusia yang berorientasi pada produksi dan wirausaha. Melakukan perkuliahan dengan 70% praktik dan 30% teori, Polimedia terus meningkatkan hardskill yang berdaya saing tinggi. Selain itu juga Polimedia menanamkan softskill kepada mahasiswa sehingga memiliki budaya yang positif dan mampu berkolaborasi dengan baik.