Syahnan Phalipi: Selamat Tahun Baru Islam 1446 H dan HUT Koperasi ke 77

ANP • Sunday, 7 Jul 2024 - 12:31 WIB

Jakarta - Peringatan Hari Koperasi ke 77 tahun 2024  bertemakan Koperasi Mitra Pemerintah Membangun Ekonomi Nasional yang Berdaulat dan Mandiri Menuju Indonesia Emas 2045 yang juga berbarengan dengan tahun baru Islam ke 1446 h, seperti tahun tahun sebelumnya dilakukan tabur bunga di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir Jakarta Selatan, minggu (7 Juli 2024).

Wakil Ketua Umum Founder Gerkopin, Syahnan Phalipi mengatakan bahwa ada sekitar 127. 846 unit koperasi di Indonesia dan di jakarta sekitar 7000an, jumlah  ini sangat banyak juga potensial maka harus  diberdayakan terutama yang anggota mayoritas adalah pelaku UMKM, membangun koperasi sekaligus meningkatkan kinerja UMKM tersebut.
Butuh strategi jitu berkelanjutan jangka panjang untuk meningkatkan kinerja koperasi agar menjadi tulang punggung penyumbang PDB dan perekonomian bangsa yang sekaligus memperkuat jalinan sosial rakyat Indonesia, yang senantiasa tolong menolong, kekeluargaan guyub, hemat namun tetap produktif.

Sementara itu ketika ditanyakan kriteria Menteri Koperasi di pemerintahan terpilih beberapa waktu yang akan datang, Syahnan mengatakan, sebaiknya berasal dari orang-orang yang mengerti dan paham tentang Koperasi, Seperi gaya bung Hatta bapak koperasi kita imbuhnya. Di Dekopin (Dewan Koperasi Indonesia) banyak tokoh-tokoh mumpuni dan berintegritas. Namun semua itu diserahkan kepada Presiden terpilih karena beliau yang memiliki hak preogratif dalam menentukan menteri-menterinya.

"Semoga diakhir masa jabatannya, Presiden Jokowi yang akan dilanjutkan oleh Pak Prabowo Subianto dan Mas Gibran dapat mengedepankan filosofi Koperasi sesuai yang dengan prinsip-prinsip budaya Iuhur bangsa Indonesia agar lebih otentik serta sesuai tema HUT Koperasi pada tahun ini, sebagai wadah pembangunan ekonomi nasional, " tutup Syahnan Phalipi yang juga menjabat sebagai praktisi bisnis, ekonomi, hukum, umkm dan koperasi tersebut.