Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia, ABM Group Tanam 600 Pohon Bakau di Jakarta Utara

MUS • Monday, 27 May 2024 - 10:33 WIB

Jakarta - Hari Keanekaragaman Hayati Internasional setiap tahunnya diperingati pada tanggal 22 Mei. Perayaan universal ini memperingati diadopsinya Konvensi Keanekaragaman Hayati (Convention on Biological Diversity/CBD) pada 22 Mei 1992. Adapun tema Hari Keanekaragaman Hayati Internasional tahun ini yakni “Jadilah Bagian dari Rencana” (Be Part of the Plan).

Dalam memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Internasional tahun ini, PT ABM Investama Tbk (ABMM) melakukan penanaman peduli mangrove di Taman Wisata Alam (TWA) Muara Angke, Jakarta Utara. Kegiatan ini turut serta dilakukan perusahaan bersama keempat anak usahanya, yakni PT Cipta Kridatama (CK), PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics), PT Prima Wiguna Parama (PWP), serta PT Sanggar Sarana Baja (SSB).

Kegiatan yang dilakukan menjadi program lanjutan sinergi Grup ABM dalam pengkayaan vegetasi mangrove yang sebelumnya dilakukan oleh SSB pada vegetasi milik pemerintah Kota Balikpapan seluas 1,2 hektare. Tak hanya itu, CKB Logistics pun telah melakukan penanaman dan perawatan 6.000 bibit mangrove di wilayah vegetasi milik Provinsi Jawa Timur. Langkah ini sebagai wujud nyata Grup ABM dalam membantu pemerintah untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Penanaman mangrove di wilayah tersebut melibatkan 100 relawan dari seluruh karyawan Grup ABM dengan jumlah bibit yang ditanam sebanyak 600 bibit pohon bakau. Grup ABM memberikan 1 Volunteer Day kepada seluruh karyawan dalam setiap tahun dan bulan ini melalui kegiatan penanaman pohon dengan tujuan agar keanekaragaman hayati kian terjaga, mengurangi dampak dari gelombang dan cuaca ekstrem, serta melindungi pantai dari abrasi.

“Sebagai perusahaan yang berpedoman pada aspek sosial dan lingkungan, Grup ABM selalu berkontribusi untuk menjaga kelestarian lingkungan untuk kepentingan bersama. Kami selalu berkomitmen dalam mendorong kemajuan peradaban melalui tiga aspek, yakni menjaga lingkungan, berkontribusi pada masyarakat, serta pertumbuhan ekonomi,” ujar Direktur Utama PT ABM Investama Tbk (ABMM) Achmad Ananda Djajanegara usai menghadiri penanaman mangrove di Muara Angke, Jakarta Utara, Kamis (23/5/2024).

Berkat upayanya dalam menjaga kelestarian lingkungan, perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2011 ini berhasil mendapatkan sertifikat ISO 14001:2015 (Environmental Management System/Sistem Manajemen Lingkungan). Grup ABM secara berkelanjutan dan bersinergi terus menjaga jejak ekologi guna menciptakan dampak positif dalam upaya menjaga bumi untuk generasi mendatang.