MenPAN-RB Komitmen Dukung Transformasi STAHN Jadi IAHN

FAZ • Tuesday, 21 May 2024 - 12:08 WIB

SINGARAJA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Anas menyampaikan komitmen pemerintah dalam memajukan sektor keagamaan dengan mengunjungi Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan, menuju transformasi menjadi Institut Agama Hindu Negeri (IAHN). 

Hal itu disampaikan oleh Azwar Anas dalam kunjungannya di STAHN Mpu Kuturan, Senin (20/5/2024) yang turut didampingi oleh Dirjen Bimas Hindu Prof. I Nengah Duija, Rektor STAHN Mpu Kuturan, serta Bupati Buleleng.

"Pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan lembaga pendidikan agama, termasuk melalui transformasi STAHN Mpu Kuturan menjadi Institut Agama Hindu Negeri," ujar Menteri Anas di STAHN Mpu Kuturan, Senin (20/5/2024).

Menteri PAN-RB, dalam sambutannya menegaskan pentingnya pengembangan lembaga pendidikan agama sebagai upaya untuk memperkuat keberlangsungan dan kemajuan kehidupan beragama di Indonesia. 

Dalam rangka mencapai transformasi tersebut, Menteri dan rombongan melihat langsung fasilitas serta program akademik yang ada di STAHN Mpu Kuturan. Mereka juga berinteraksi dengan civitas akademika dan melibatkan diri dalam dialog terkait langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Hindu di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Bimas Hindu Prof. I Nengah Duija menambahkan mengatakan bahwa transformasi status tersebut akan memacu peningkatan kualitqs pendidikan agama Hindu.

"Transformasi STAHN Mpu Kuturan menjadi IAHN akan membawa dampak positif dalam peningkatan kualitas pendidikan agama Hindu, baik dalam bidang akademik maupun praktik keagamaan."

Sementara itu, Rektor STAHN Mpu Kuturan menyambut baik dukungan pemerintah dan berjanji untuk terus berupaya meningkatkan standar pendidikan di lembaga mereka. 

"Kami siap untuk mengemban tugas baru sebagai Institut Agama Hindu Negeri dan akan terus berupaya memberikan kontribusi maksimal dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas," ucapnya.

Kunjungan ini juga menjadi momentum bagi Bupati Buleleng untuk menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan pendidikan agama Hindu. 

"Kami siap bekerja sama dengan pemerintah pusat dan STAHN Mpu Kuturan dalam mewujudkan visi bersama untuk meningkatkan pendidikan agama Hindu di Buleleng dan sekitarnya," tegasnya.

Kunjungan ini diharapkan akan menjadi awal yang baik dalam proses transformasi STAHN Mpu Kuturan menjadi Institut Agama Hindu Negeri yang berprestasi dan berkontribusi nyata dalam pembangunan bangsa, khususnya dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan.(Fan)