Wadah Penggiat Robotik, Bambang Soesatyo Kukuhkan Pengurus Besar PRSI

AKM • Friday, 17 May 2024 - 21:48 WIB
Wakil ketua MPR Bamsoet Kukuhkan Pengurus Besar PRS

Jakarta - Teknologi Robotik terus berkembang  secara bertahalp dan berkelanjutan secara global termasuk di Indonesia. Para penggiat Robotika miliki peran dalam mentransformasi terknologi robotik ditengah masyarakat.

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina Persatuan Robotika Seluruh Indonesia (PRSI) Bambang Soesatyo resmi mengukuhkan Pengurus Besar PRSI. Pengukuhan berlangsung di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta.

Politisi Partai Golkar ini yang akrab di sapa Bamsoet menyebut sebagai wadah bagi para penggiat robot di Indonesia, PRSI harus memasyarakatkan dan meningkatkan prestasi ilmu teknologi robotik tentang manfaat serta potensi resiko dari perkembangan teknologi robotik.

Selaras dengan tugas dan fungsinya, PRSI juga mengadvokasi kebijakan yang mendukung pengembangan dan penggunaan robotika yang bertanggung jawab.

"Menciptakan situasi dan kondisi yang menunjang serta menguntungkan bagi pertumbuhan dan pengembangan teknologi robotik secara merata di seluruh pelosok tanah air Indonesia. Dan mengoordinasikan kegiatan robotika yang pelaksanaanya dilakukan oleh organisasi PRSI di semua tingkatan,"  ujar Bamsoet dalam sambutannya di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Jumat, (17/5).

Selain itu, lanjutnya,  melakukan evaluasi dan pengawasan untuk terlaksananya konsistensi dan keseragaman antara kebijakan dengan pelaksanaan kegiatan Robotika. Serta menyusun kurikulum yang sesuai dengan perkembangan pendidikan dan kebutuhan pelajar, termasuk integrasi teknologi dalam pembelajaran.

"Melakukan pelatihan dan pengembangan terus-menerus bagi guru untuk meningkatkan 
kualitas pengajaran dan pemahaman terhadap metode pembelajaran terkini.
Meningkatkan kecerdasan buatan dalam robot untuk meningkatkan kinerja dan fleksibilitas," tuturnya.

Dirinya berharap PRSI bisa semakin mengembangkan dan memajukan ilmu teknologi robotik.

"Meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia dan mengkokohkan persatuan kesatuan bangsa melalui pembinaan secara nasional," tandasnya.

Acara pengukuhan penyerahan pataka langsung dari Bambang Soesatyo kepada Ketua Umum PRSI Wahyu Hidayat, didampingi oleh Sekjen PRSI Dwi Nugroho Marsudianto.