BAZNAS Targetkan Pekurban di Indonesia Sebanyak 4.069.000 Tahun 2024

ANP • Monday, 13 May 2024 - 16:48 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI kembali mengadakan "Kurban Berkah BAZNAS 2024" yang dapat diakses secara online melalui berbagai platform demi memberi kemudahan masyarakat untuk berkurban menjelang Idul Adha 1445 H. 

 

Menunaikan ibadah kurban di BAZNAS dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman tanpa harus keluar rumah. Dengan telepon genggam atau perangkat komputer, masyarakat sudah bisa berkurban dan dapat dilakukan di mana saja, dengan mengakses berbagai layanan kurban online BAZNAS yaitu melalui baznas.go.id/kurban, layanan perbankan, E-Commerce, serta gerai retail.

 

“Melalui Kurban Berkah BAZNAS 2024, BAZNAS ingin menjadikan momen kurban ini dapat memberikan keberkahan yang berlimpah dan bisa tersenyum bahagia, dari mulai teman-teman yang berkurban, panitia, peternak, penerima manfaat, hingga awak media dan masyarakat yang turut serta menyiarkan ibadah kurban ini,” ujar Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (13/5/2024). 

 

Menurut Kiai Noor, dengan mengangkat tema “Tentramnya Mudhohi, Bahagianya Mustahik”, BAZNAS berupaya pekurban merasakan kedamaian dalam ibadah kurban mereka, meneguhkan keyakinan bahwa setiap tindakan baik akan membawa ketentraman di hati. 

 

“Adapun bagi Mustahik, BAZNAS ingin menghadirkan kebahagiaan di tengah keterbatasan yang dihadapi mustahik, memberikan mereka harapan dan kekuatan di momen Idul Adha. Semoga adanya layanan Kurban Berkah BAZNAS tahun ini bisa menjadi keberkahan bagi para Mudhohi  (orang yang melaksanakan kurban), peternak dan para penerima manfaat di seluruh Indonesia dan juga seluruh dunia," ujar Kiai Noor.

 

Dalam kesempatan yang sama, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan M.Si, CFRM menyampaikan, BAZNAS terus berupaya memberikan layanan kemudahan agar Mudhohi merasa nyaman bila kurbannya dikelola BAZNAS. 

 

Rizaludin menambahkan, adapun target penghimpunan Kurban Berkah BAZNAS 2024 oleh BAZNAS RI (pusat) ini yakni 9000 ekor setara domba/kambing (doka) yang akan didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia. Sementara untuk target kurban BAZNAS Daerah sebanyak 350.000 ekor setara doka, LAZ se-Indonesia sebanyak 350.000 ekor setara doka, dan kurban umat Islam Indonesia di masjid dan komunitas sebesar 3.3 Juta setara doka.

 

"Alhamdulillah, kepercayaan masyarakat terus meningkat setiap tahunnya. Kami juga mengajak kepada masyarakat Indonesia, seluruh calon mudhohi untuk berkurban di BAZNAS, berkurban yang terbaik sesuai syariah dan sepenuhnya untuk kepentingan para mustahik di Indonesia," tambahnya. 

 

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA. menjelaskan, dari target pengumpulan 9000 ekor setara domba dan kambing, akan disalurkan dalam bentuk bermacam-macam, yakni berupa daging sapi/domba segar, juga ada daging sapi olahan yang dikalengkan atau dikemas dalam bentuk pouch. 

 

"Pada kurban tahun ini, kita mengajak mitra dalam hal pemotongan hingga penyaluran. Mitra ini terdiri dari BAZNAS provinsi/kota/kabupaten dan juga balai-balai ternak BAZNAS yang tersebar di beberapa wilayah. Saat ini Balai Ternak BAZNAS memiliki stok sebanyak 4.052 ekor sapi/domba untuk penyediaan hewan kurban," ucap Saidah.

 

"Dalam pendistribusian dan penyalurannya, BAZNAS akan memastikan tepat sasaran dan sesuai dengan prinsip 3A, yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi, Aman NKRI. Kurban Berkah BAZNAS 2024 juga akan didistribusikan ke-34 provinsi di seluruh Indonesia " pungkasnya.

 

Melalui Kurban Berkah BAZNAS 2024 ini, BAZNAS juga memfasilitasi kurban dengan kaleng, kurban di Palestina, dan kurban di daerah bencana. BAZNAS berupaya mengurangi masalah stunting dengan meningkatkan konsumsi daging bagi para mustahik sehingga dapat membantu pemenuhan gizi, khususnya protein hewani, dalam masa kurban ini. 

 

Turut hadir dalam konferensi pers tersebut, Wakil Ketua BAZNAS RI H. Mokhamad Mahdum, MIDEC, AK, CA, CPA, CWM, CGRCOP, GRCE, CHRP,  Pimpinan BAZNAS RI, Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, Rizaludin Kurniawan, M.Si, Kolonel Caj. (Purn) Drs. Nur Chamdani, Deputi Bidang Pengumpulan BAZNAS RI, M Arifin Purwakananta, Deputi Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS RI, Dr. HM Imadadun Rahmat, M.Si, dan Sekretaris Utama BAZNAS RI Dr. Muchlis Muhammad Hanafi, Lc., MA.

 

Berikut harga jual hewan ternak di Kurban Berkah BAZNAS 2024. 

 

Daftar Harga:

Domba/Kambing 27-29 Kg : Rp3.000.000

1/7 Sapi 220-270 Kg  : Rp3.000.000

Sapi 220-270 Kg : Rp21.000.000

Kurban Kaleng : Rp22.400.000 (1 ekor sapi)

Kurban Kaleng : Rp3.200.000 (1/7 ekor sapi)