Gramedia Percayai Solusi Jaringan TP-Link Omada untuk Operasionalnya

MUS • Friday, 10 May 2024 - 18:12 WIB

Jakarta – Di era digital ini, kelancaran operasional perusahaan menjadi sangat penting, dan salah satu faktor utamanya adalah ketersediaan perangkat keras internet yang handal. Perangkat jaringan untuk keperluan perusahaan atau tempat komersial lainnya membutuhkan spesifikasi dan fitur yang lebih canggih dibandingkan dengan yang digunakan di rumahan.

Access point adalah salah satu perangkat yang semakin populer dalam lingkup ini. Perangkat ini merupakan komponen jaringan yang memungkinkan perangkat nirkabel terhubung ke internet. Dengan menciptakan jaringan lokal nirkabel (WLAN), access point menjadi kunci bagi kemajuan teknologi di berbagai sektor.

Menurut laporan dari WiFi Access Point Market, peningkatan penggunaan access point diprediksi mencapai 7,28% dari 2022 hingga 2028. Perangkat ini menjadi primadona terutama di wilayah komersial dan perkantoran, tempat di mana jumlah perangkat terkoneksi dengan internet sangat tinggi.

Contohnya seperti Gramedia yang telah menggunakan access point untuk mendukung operasional toko buku mereka di seluruh Indonesia. Gramedia mengimplementasikan access point Omada dari TP-Link guna mendukung berbagai proses operasionalnya, termasuk pembayaran dan pengecekan stok.

“Keunggulan access point Omada terletak pada kemampuannya untuk dikontrol secara terpusat dan dapat diremote dari mana saja, hal ini memberi kemudahan dan fleksibilitas bagi operasional kami. Selain itu, tampilan dashboard yang lengkap dan mudah digunakan menjadi alasan Gramedia memilih Omada dari TP-Link” kata IT Operational Manager Gramedia, Agus Yulianto.  

Marketing Manager TP-Link Indonesia Defrie D Gunawan, mengatakan, “TP-Link melalui Omada, memberikan solusi jaringan dengan rangkaian produk profesional untuk bisnis serta dunia usaha yang lengkap. Hal ini juga didukung dengan tim teknikal kami yang selalu siap membantu pelanggan.”

Produk unggulan yang digunakan oleh Gramedia adalah Omada Access Point EAP 245, yang dilengkapi dengan kecepatan dual band tinggi dan fitur-fitur canggih lainnya seperti Omada Mesh. Gramedia juga menggunakan Omada Controller OC300 untuk manajemen jaringan yang terpusat hingga 500 Omada Access Point.

Lebih lanjut, Agus Yulianto menyampaikan kepuasannya dengan produk TP-Link, karena dapat menjaga jaringan internet yang stabil, sehingga memudahkan kegiatan operasional Gramedia di seluruh Indonesia. Saat ini, lebih dari 125 outlet Gramedia telah menggunakan Omada dan dikelola secara terpusat. 

“Kami berharap, kolaborasi ini dapat terus berlanjut. Bahkan merambah kepada sektor lainnya” pungkas Defrie.