Dukung Kewirausahaan Mahasiswa, UKI Dilibatkan dalam Berbagai Program Kemenparekraf RI

ANP • Tuesday, 7 May 2024 - 15:10 WIB

Jakarta - “Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI akan melibatkan Universitas Kristen Indonesia (UKI)  dalam kerja sama melalui tiga program Kemenparekraf RI yakni Anugerah Desa Wisata Indonesia, Kabupaten/Kota Kreatif dan Apresiasi Kreasi Indonesia,” ujar Menparekraf RI, Dr. H. Sandiaga S. Uno, B.B.A., M.B.A, dalam audiensi dengan UKI di Ruang Rapat Menparekraf Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin tanggal 6 Mei 2024. 

Rektor UKI Prof. Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., M.B.A berharap jiwa entrepreneurship harus dimiliki oleh anak-anak muda khususnya mahasiswa, agar lebih kreatif. UKI akan bekerja sama dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat dilakukan di daerah-daerah wisata binaan Kemenparekraf RI.

“Kami berharap menparekraf melibatkan sivitas akademika UKI dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, khususnya mahasiswa UKI untuk melakukan praktik penerapan teori ilmu pengetahuannya di masyarakat,” ujar Prof. Dhaniswara.

UKI melakukan audiensi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang diikuti oleh Wakil Rektor UKI bidang Akademik dan Inovasi, Dr.Hulman Panjaitan; Dekan Fakultas Vokasi UKI, Dr. Maksimus Bisa Lado Purab; Kepala Biro Kerja Sama UKI, Yuni Indarwati, S.Pd.; Kepala UPT Kewirausahaan UKI, Heribertus Bastian Abul, S.Sos.  

Dalam kesempatan ini, Kepala UPT Kewirausahaan UKI, Heribertus Bastian Abul mengutarakan bahwa UKI mendukung mahasiswa belajar untuk memiliki jiwa kewirausahaan dan menjadi pengusaha yang siap menghadapi berbagai tantangan. 

“Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah UKI EKRAF FAIR atau Pameran Ekonomi Kreatif UKI. UKI EKRAF FAIR ini menjadi wadah promosi bisnis bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), baik mahasiswa dan masyarakat umum di sekitar Universitas Kristen Indonesia, “ ujar Heribertus.

Kepala Biro Kerja Sama UKI, Yuni Indarwati turut menjelaskan UKI memiliki program kuliah Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang ditujukan bagi karyawan bekerja yang juga ingin berkuliah. “Ada peluang bagi karyawan Kemenparekraf RI untuk melanjutkan studi di UKI melalui program RPL,” tuturnya.